My Books

Berikut ini daftar buku yang sudah saya tulis. Alamat penerbit ada di bagian akhir –kali aja Anda berminat membelinya. Borong yee….!

JURNALISTIK

jurnalistik terapan1. JURNALISTIK TERAPAN: PANDUAN KEWARTAWANAN DAN KEPENULISAN. Penerbit: Baticpress, 2002. Mengupas tuntas persoalan jurnalistik, mulai hal-hal teoritis hingga praktis/aplikasinya –dasar-dasar jurnalistik, jenis-jenis jurnalisme, manajemen redaksional, bahasa jurnalistik, jurnalisme radio, jurnalistik Islam, kiat menulis berita-artikel-feature-kolom-tajuk, dan sebagainya. Dimaksudkan sebagai buku pegangan (buku wajib) bagi peserta Diklat Jurnalistik BATIC, namun bisa juga menjadi “buku putih” mahasiwa jurnalistik dan penyiaran.*

jurnalistik praktis2. JURNALISTIK PRAKTIS UNTUK PEMULA.
Penerbit: Rosdakarya Bandung, 1997. Cetakan VI : 2006. Tidak disangka, buku ini mendapat sambutan luar biasa, hingga sudah mengalami cetak ulang enam kali –semoga terus cetak ulang (Amin). Merupakan buku panduan praktis bagi siapa pun yang ingin mengenal dunia jurnalistik dan menjadi wartawan. Berisi panduan praktis dan ringkas tentang reportase dan menulis berita, artikel, feature, kolom, tajukrencana, dan sebagainya.

3. BAHASA MEDIA: Panduan Praktis Bahasa Jurnalistik.
Penerbit: BaticPress Bandung, Cet. I Mei 2009. Ini Buku Panduan Bahasa Jurnalistik. Sangat praktis! Dilengkapi EYD dan kata baku dalam bahasa Indonesia, mengapa harus menggunakan bahasa jurnalistik, apa saja karakter bahasa jurnalistik, alasan penggunaan, contoh-contoh kata dan kalimat, logika bahasa, economy of words, panduan bahasa pers, jurnalisme blog, jurnalisme online, dan banyak lagi. Praktis banget neeh!

4. PANDUAN MENJADI PENULIS.
Penerbit: Baticpress, 2001. Buku ini khusus membahas tentang kiat praktis menjadi penulis profesional dan teknik menulis artikel di media massa. Tahap pra-menulis, motivasi, menyusun desain tulisan, mencari ide dan tema, dan sebagainya. Semula dimaksudkan sebagai pegangan bagi peserta diklat jurnalistik BATIC (Balai Jurnalistik ICMI Jabar). Kini sudah diitegrasikan dalam buku Lincah Menulis Pandai Bicara.*

5. KAMUS JURNALISTIK: Daftar Istilah Penting Jurnalistik Cetak, Radio, dan TV. Penerbit: Simbiosa Rekamedia Bandung. Cet I Januari 2008. Harga Rp 20.000. Sangat banyak istilah di dunia jurnalistik, radio, dan televisi. Misalnya, soundbite, tag, tagline, close up, wardrobe, scriptwriter, yellowpapers, fairness doctrine, agenda, news value, head, headline, running text, backsound, sound effect, editing, voicer, dan masih banyak lagi. Baca buku ini, insya Allah, paham deh dunia media massa.*

6. JURNALISTIK DAKWAH: VISI DAN MISI DAKWAH BIL QOLAM Penerbit: Rosdakarya, 2003. Berisi paparan khusus dan mendalam tentang jurnalistik Islam, pers Islam, mulai dari sejarah pers Islam yang penuh tragedi dan ironi, kelemahan dan keunggulan media Islam, kode etik jurnalistik Islam, berita-artikel Islami (dakwah), hingga panduan praktis membuat buletin dakwah (buletin jumat/masjid). Pengen bikin buletin dakwah yang bagus? Di sini ada panduannya.*

7. JURNALISTIK ONLINE (Nuansa, Proses Cetak)

 PENYIARAN – SIARAN RADIO

1. DASAR-DASAR SIARAN RADIO: BASIC ANNOUNCING.
Penerbit Nuansa Bandung, Agustus 2009 . Berisikan panduan praktis sekaligus “akademis” seputar teknik dasar siaran radio. Dapat digunakan sebagai Text Book mata kuliah Basic Announcing. Buku ini membahas A-Z dunia radio siaran, mulai dari sejarah radio, bapak pendiri radio, dasar-dasar siaran radio, teknik siaran, teknik menulis naskah siaran dan siaran berita radio, programming, format radio, format clock siaran radio, radio dakwah, cara membaca naskah dan berita, hingga masalah peraturan penyiaran, seperti UU Penyiaran dll.*

2. BROADCAST JOURNALISM: PANDUAN MENJADI PENYIAR, REPORTER, DAN SCRIPTWRITER. Penerbit: Nuansa Bandung, 2004. Berisi panduan memasuki dunia radio broadcasting –sejarah radio, karakteristik radio dan pendengarnya, ciri khas radio, organisasi manajemen radio, kualifikasi penyiar dan reporter, keterampilan penyiar/reporter/scriptwriter, teknik penulisan naskah siaran dan naskah berita khas radio, dan sebagainya. All about radio!

3. BROADCAST FOR TEEN: JADI PENYIAR ITU ASYIK LHO! Penerbit: Nuansa Bandung, 2007. Buku ini dibuat khusus bagi temaja/kaula muda yang mau menjadi penyiar radio –sebagai panduan praktis banget, menyeluruh, tentang bagaimana caranya jadi penyiar, juga apa saja asyiknya jadi penyiar. Ada banyak contoh siaran dalam buku ini, juga teknik vocal, sehingga bisa menjadi “intruktur” di rumah! Pembaca bisa latihan sendiri di rumah dengan buku ini.

4. TEKNIK PRODUKSI SIARAN RADIO (Simbiosa, Proses Cetak)*

 PUBLIC SPEAKING – MC

1. LINCAH MENULIS PANDAI BICARA.
Penerbit: Nuansa Bandung, 2004. Ini buku “tidak sengaja” dibuat karena diminta langsung oleh penerbitnya ketika “ketahuan” ada di tas saya ketika berkunjung. Judulnya pun dibuatkan oleh penerbit, bagus juga ya…. Isinya dua bagian besar: teknik menulis artikel di media massa dan teknik berbicara di depan umum/pidato (public speaking). Buku ini dapat menjadi buku panduan bagi mata kuliah menulis artikel dan public speaking –memang tadinya juga makalah kuliah bagi kedua mata kuliah tersebut.*

2. KIAT MEMANDU ACARA: TEKNIK MC DAN MODERATOR.

Penerbit: Nuansa Bandung, 2006. Penulisan buku ini diilhami seorang mahasiswa yang merasa kesulitan menemukan buku teks tentang teknik MC (Master of Ceremony) dan moderator. Isinya, tentu saja, tentang bagaimana teknik nge-MC dan menjadi moderator andal, kualifikasi MC dan moderator, serta langkah-langkah praktisnya ada dalam buku ini.*

KEISLAMAN

1. ISU-ISU DUNIA ISLAM. Penerbit: Dinamika Yogyakarta, 1996. Mengupas masalah Kebangkitan Dunia Islam beserta tantangannya. Isu Kebangkitan Islam yang menggema sejak 1969 menemui banyak tantangan dan kendala luar biasa, baik dari dalam tubuh umat Islam sendiri maupun (utamanya) dari luar kaum Muslimin.*

2. DEMONOLOGI ISLAM: UPAYA BARAT MEMBASMI KEKUATAN ISLAM.
Penerbit: Gema Insani Jakarta, 2000. Buku ini merupakan mengupas-tuntas persoalan “demonologi Islam” atau “penyetanan Islam”, yakni upaya sistematis pihak Barat atau kaum Islam fobi untuk memburukkan citra Islam dan kaum Muslimin, utamanya melalui pemberitaan di media massa, dengan menggunakan “teori penjulukan” (labelling theory) dan propaganda “name calling” (memberi julukan buruk). Tujuannya agar Islam dan kaum Muslimin, utamanya yang ingin menegakkan syariat Islam, dijauhi dan dimusuhu publik. Dalam buku ini dibahas julukan-julukan seperti fundamentalisme, terorisme, dan “bom Islam”; korban-korban demonologi Islam dari kalangan gerakan Islam dan aktivisnya. Buku ini dikategorikan buku “Politik Islam”. Anda dapat membaca buku DEMONOLOGI ISLAM ini di Google Book. Klik DI SINI.*

3. KEMBALIKAN NASYID PADA KHITTAHNYA. Penerbit: Nuansa Bandung, 2007. Ini “buku wajib” para munsyid. Buku ini bermisi “Mengembalikan Nasyid pada Khittahnya”, agar lagu-lagu nasyid menjadi “nasyid sejati”, yakni nasyid yang memotivasi para mujahid di medan dakwah dan jihad, motivasi amal saleh, mendekatkan diri pada Allah Swt, mengingatkan pendengarnya kepada Allah, menjadi ingat kewajiban, penyemangat amal dan perjuangan di jalan-Nya, seperti nasyid-nasyid atau syair para sahabat pada masa Rasulullah Saw. Buku ini sebagai “gugatan” bagi nasyid-nasyid kontemporer yang “cengeng” dan banyak “bertema asmara” layaknya lagu pop!

4. INILAH ISLAM. Free E-Book!!! Buku ini berisikan garis besar ajaran Islam atau dasar-dasar syariat Islam. Ditujukan untuk pemula. Materi perkuliahan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Daftar Isi: Nama “Islam”, Arti Islam : Etimologis & Terminologis, KARAKTER ISLAM, KARAKTERISTIK UMAT ISLAM, KANDUNGAN AJARAN ISLAM , SUMBER AJARAN ISLAM, SALAH PAHAM TERHADAP ISLAM, IMAN: SISTEM KEYAKINAN , SISTEM RITUAL, SYARI’AT ISLAM, SISTEM KELUARGA, SISTEM SOSIAL, SISTEM EKONOMI, SISTEM POLITIK, JINAYAT & HUDUD , MORALITAS ISLAM: AKHLAK. Download

kontroversi-baasyir5. KONTROVERSI BA’ASYIR: JIHAD MELAWAN FITRAH GLOBAL. Penerbit: Nuansa Bandung, 2005. Berisi kisah dan analisis mendalam tentang kasus Abu Bakar Baasyir yang dituduh teroris. Benarkah ia teroris? Apa maksud tuduhan itu? Siapa di belakangnya? Bagaimana nasib gerakan dakwah Islam pasca tudingan itu? Dibahas juga dalam buku ini tentang sulitnya menjadi Muslim kaffah di negeri sekuler.*

MINAT BELI?
KONTAK ALAMAT PENERBIT:

  1. Penerbit Nuansa, Kompleks  Sukup Baru 23 Ujungberung Bandung – 40619 Tlp. 022-76883000, 022-92293000, Telefax.: 022-7801410 Layanan SMS: 0818638038 dan 085722918777.
  2. Penerbit Simbiosa, Jln. Ibu Inggit Garnasih 31 Ciateul Bandung 40252 Tlp. (022) 5208370, e-mail: siramedia@yahoo.com, website: http://www.simbiosa-online.com
  3. Penerbit Rosdakarya Jln. Ibu Inggit Garnasih No. 40 Ciateul Bandung 40252 Tlp. (022) 5200287 e-mail: rosda@indosat.net.id
  4. BATIC Press. BATIC ICMI Orwil Jabar, Jln. Cikutra 276-D Bandung Tlp. (022) 7206964 E-mail: baticnews@yahoo.com Website: www.baticnews.com

ANDA juga dapat membeli sebagian besar buku tersebut SECARA ONLINE di www.palasarionline.com dengan mengetikkan kata kunci “asep syamsul” dan “asepsyamsul” (disatukan).

18 thoughts on “My Books

  1. asslm….
    kang… mohon bantuan buat pemula seperti saya yang baru gabung di sebuah radio lokal di tasikmalaya. Saya bingung dalam menentukan topik yang pengen saya bahas di mlm hari. Yang bagus buat pemula enaknya ngambil topik apa?
    terimakasih….

    ()

  2. assalamualaikum….

    pa bade narosss…..
    kalo mau mnjadi pnulis yg berkualitas bagaimana????

    trus pa abdi teh gaduh kumpulan syair\puisi ..rencana teh hoyong di terbitkeun…kumahanya pa???

    aduh hampunten pa …abdi jarang masuk kelas bapa…..
    jdi isinn….

    by husein jurnalistik B/3

  3. Selamat siang kang…. nama saya Arief… saya baru saja baca blog ini.. dan saya sangat tertarik dengan buku-buku akang yang berhubungan dengan broadcast gitu… gimana ya caranya saya bisa dapet buku-buku tersebut? oia,saya dari Pangkalan Bun Kalimantan tengah.. terima kasih

    (*) Siang juga… kontak aja penerbitnya, alamatnya baru saja saya upload di bawah daftar buku tersebut. Untuk buku2 penyiar, e-mail aja ke penerbitnya: ynuansa@telkom.net, thanks… Good Luck!

  4. Assalamualaikum , sore Kang Romel . saya Ari dari Bontang-kaltim . saya barusan beli buku-buku karangan kang Romel ada empat buah saya beli lewat Nuansa ,wah,,, bagus banget isinya semua apalagi yang tentang dunia siaran. kapan lagi keluar buku -buku barunnya ,,,, Salam . ( aridayu_saroyo@yahoo.co.id )

    (*) Wa’alaikum salam wr. wb…. sore juga bung Ari. Thanks udah “borong” buku-buku saya, semoga bermanfaat.. Amin…. Insya Allah dua buah buku, masih tentang penyiaran radio dan tentang keislaman sedang saya persiapkan segera terbit, mohon doanya. Salam buat orang Bontang-Kaltim.. Wasalam.

  5. assalaamu’alaikum bang romel, mudah-mudahan bang romal sehat ja ya.
    saya pernah baca buku “LINCAH MENULIS PANDAI BICARA”, setelah mempunyai banyak teori melalui buku tersebut saya coba tuk branikan diri mencoba public spaeking, namun ketika PS saya yang ke tiga kalinya saya masih ja merasakan yang namanya grogi, jadi menurut bang romel gimana solusinya ?

  6. Bismillah..

    Hehe.. Dunia emng selalu memberi kejutan dan sensasi.

    Saya tadinya pentiar di Antassalam Bndg, anak buah akang bertopi yang gambar wajahnya ada di atas situ tuh :).
    Tadinya lagi cari artikel internet utk MC, ternyata sama search engine disodorkan ini ama mereka !! jelas kaget n bangga, hehe.

    Kang Romel emng baek bngt orangnya..
    Waktu saya siaran, beliau tak segan mengkritik yg bikin shock (namun “positive Thinking” n “Positive knowing” saya bertambah).

    Thanks banget Kang..
    Semoga Allah membalas lebih baik.

    Sukses u qt semua

    e-mail : cemut_2001@yahoo.com

    (*) Thank eks penyiar tersayangku….! I miss “kebandelanmu” langgar tatib siaran, hehe… aku sekarang di Shinta 97.2 FM, kalo ada peluang, nanti kukontak deh…

  7. asslm wr wb

    ko belum sampe ya infonya……………….

    ayolah
    plzzzzzzzzzzzzzzz

    bantu aku yaaaaaa

    skripsi aku tentang pengemasan dan penyampaian berita di radio

    siapa aja yang bisa tolong aku

    aku ucapkan terimakasi seeeebanyak2nya

    jazakallah

    wasslm wr wb

  8. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Salam kenal buat kang Romel sebelumnya. Maaf baru tahu nie, saya tertarik pengen belajar MC dari kang Romel… Bisa dibantu???Thx a lot
    e-mail sy : fera_smd@yahoo.com

    (*) Wa’alikum salam wr wb. Lam kenal balik buat fera. Boleh, gmn caranya? Baca aja bukunya ye… atau gabung dengan semaibroadcast –see http://www.semaibroadcast.co.nr, ok?

  9. asslam wr wb. akang plz help me………..
    saya lg skripsi……… tolong dunx lagi butuh banget buku tentang aplikasi jurnalistik di radio terutama di bidang pengemasan dan penyampaian beritanya………………………. makasih yaaaaaaa sebelumnya……………….. wasslam

  10. assalamu’alaikum.wr.wb
    kang romel, vina tahu kang romel ketika baca buku broadcast jounalism. tambah inspirasi dan semangat pengen jadi public speaker muslimah. hanya, belum ada kesempatan. pengen jadi penyiar radio, tapi radio islami dibandung terbatas. gmn y?
    alhamdulillah, walau ga jadi public speaker, sekarang saya sedang belajar jadi jurnalis. kuliah di jurusan jurnalistik dan menjadi relawan majalah salah satu lembaga zakat di Bandung. Mohon do’anya..
    jazakalloh..
    wassalamu’alaikum.wr.wb

  11. Assalamualaikum…

    salam kenal ya kang romel,,,
    waduh,,, mila baru liat blog ini waktu lagi nyari tentang jurnalistik di google…

    pertama kali tau kang romel dari buku jurnalistik dakwah yang pernah mila baca… bagus!!

    PAS BANGET…

    kebetulan nanti SALAM UI (Lembaga dakwah kampus-nya UI) akan mengadakan acara pelatihan jurnalistik tanggal 1Desember ’07… judulnya simple aja “Jurnalistik Islam”… khusus dibuat untuk para aktifis dakwah,, supaya semua memiliki kemampuan untuk bisa men-syiarkan islam lewat tulisan yang baik…

    jadi pengen ngundang kang romel deh… bisa nggak ya…

    bisa confirm ke e-mail mila ga kang.. (lichen_moonglow@yahoo.co.uk)

    Aduh maaf ya.. tiba-tiba gini… abis jadi tertarik banget untuk ngundang akang dengan berbagai pengalaman menulis dan pengetahuan tentang jurnalistik islam…

    hatur nuhun….

    (*) Wa’alaikum salam wr. wb. Insya Allah, bisa banget. I’m ready toek penuhi undangan ukhti dkk., mangga, diantos. Saya udah kirim e-mail ke mila. Htur nuhun…..

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s