Mengapa Hasil Pilpres 2019 Diumumkan Jam 02.00 WIB?


KPU mengumumkan hasil rekapitulasi hasil pemilu 2019 pada pukul 02.00 WIB.  Prabowo Sindir KPU Umumkan Hasil Rekapitulasi Suara Secara Senyap.

KPU Bantah Hasil Rekapitulasi Diumumkan secara Senyap-senyap

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menolak hasil rekapitulasi nasional penghitungan suara nasional Pilpres 2019, yang diumumkan KPU pada Selasa (21/5/2019) dini hari.

Prabowo, dalam pidato di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa siang, juga sempat menyindir Komisi Pemilihan Umum yang mengumumkan hasil rekapitulasi tersebut pada Selasa pukul 01.46 WIB.

“Dalam rangka Pemilu 2019 ini, saya membacakan pernyataan yang disusun untuk menanggapi pengumuman KPU dini hari, tadi pagi sekitar jam dua. Senyap-senyap begitu,” kata Prabowo tertawa.

Prabowo menganggap ada keganjilan saat KPU mengumumkan hasil rekapitulasi suara tersebut. Pasalnya, jadwal pengumuman KPU tersebut langka terjadi.

“Pihak paslon 02 juga merasa pengumuman rekapitulasi hasil tersebut dilaksanakan pada waktu yang janggal, di luar kebiasaan,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak. Menurutnya, pengumuman pada dini hari dinilai ganjil.

“Biasanya kan siang, pagi begitu. Itu janggal kan, dipaksakan jam 01.00 WIB, kira-kira begitu itu janggal bin ganjil.”

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membantah pernyataan capres Prabowo Subianto yang menilai hasil rekapitulasi diumumkan secara senyap-senyap. KPU mengatakan tidak ada yang janggal karena rekapitulasi sudah selesai dilakukan.

“Tidak ada yang janggal. Ketentuan UU paling lambat 35 hari. Jatuhnya tanggal 22 Mei 2019, tapi karena rekapitulasi provinsi dan luar negeri sudah selesai, maka kami tuntaskan malam tadi,” ujar Komisioner KPU RI Ilham Saputra ketika dihubungi wartawan, Selasa (21/5/2019).

Apalagi, menurut Ilham, dalam rekapitulasi lengkap dihadiri saksi kedua pasangan calon. Saksi itu pun mengikuti proses rekapitulasi hingga selesai. “Dan dihadiri oleh para saksi dari pasangan capres maupun partai. Bahkan saksi Partai Gerindra dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 mengikuti sampai akhir rekapitulasi,” katanya.

Diketahui sebelumnya, KPU mengumumkan hasil rekapitulasi pada pukul 02.00 WIB. Prabowo justru menyebut pengumuman itu bersifat senyap.

“Tadi pagi ya, sekitar jam 2 pagi, senyap-senyap begitu, he-he-he…, ya, di saat orang masih tidur atau belum tidur sama sekali,” ucap Prabowo, saat konferensi pers di kediamannya, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan.

Eks Danjen Kopassus itu menegaskan sikap paslon 02 terkait penghitungan pemilu. Menurutnya, paslon 02 tidak akan mengakui hasil pemilu yang didasari penghitungan curang.

“Seperti yang telah disampaikan pada pemaparan kecurangan Pemilu 2019 di Hotel Sahid Jaya pada tanggal 14 Mei 2019 yang lalu, kami pihak pasangan calon 02 tidak akan menerima hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU selama penghitungan tersebut bersumber pada kecurangan,” kata Prabowo.

Suara/Detik

 

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s