Manajemen Media Online


Manajemen Media Online secara praktis artinya pengelolaan media yang tersaji secara online di internet, yaitu situs web berita atau website instansi/perusahaan/lembaga.

Yang dimaksud media online dalam postingan ini adalah media massa yang tersaji di internet (situs berita, majalah online, koran online). Media Online disebut juga Media Daring, Media Digital, Media Siber, atau Koran Online (Online Newspaper/Magazine).

Ilustrasi Manajemen Media Online

Ilustrasi Manajemen Media Online. Photo by Kaboompics .com on Pexels.com

Elemen Manajemen Media Online

Di berbagai pelatihan tentang media online, termasuk pelatihan mengelola situs web instansi/perusahaan, saya biasa mengklasifikasi manajemen media online dalam tiga bagian:

  1. Konten
  2. Desain
  3. Pemasaran

Bagian Konten mengurus atau mengelola isi. Di media konvensional disebut bagian redaksi (editorial department).

Struktur organisasinya mulai dari Pemimpin Redaksi, Redaktur/Editor, Reporter/Fotografer, hingga Koresponden dan Kontributor.

Bagian Desain bertanggung jawab atas tampilan website. Desain media online hendaknya ringan (fast loading), bersih (clean), ramah pengguna (user friendly), ramah seluler (mobile friendly) atau responsive, dan ramah mesin pencari (SEO Friendly).

Bagian desain ini bisa hanya satu orang, yakni seorang web desainer atau web developer.

Bagian desain ini pula bertanggung jawab atas SEO Website.

Di media konvensional (cetak), bagian desain ini adalah divisi penerbitan atau percetakan (publishing department) yang menangani desain layout media hingga percetakan.

Di media elektornik, bagian desain ini adalah bagian teknik yang mengurusi peralatan siaran (broadcasting tools) mulai dari pemancar, antena, hingga mikrofon.

Bagian Pemasaran (Marketing) bertanggung jawab mempromosikan media secara online dan offline.

Pemasaran secara online disebut Online Marketing, termasuk Social Media Marketing (SMM) dan Social Media Optimization (SMO).

Bagian pemasaran atau promosi ini bertugas mempromosikan dan menyebarkan konten media ke berbagai akun media sosial, terutama Facebook dan Twitter.

Di era media sosial, bagian marketing dituntut piawai mengelola media sosial (social media strategy)  untuk meraih jumlah pengunjung (trafik) atau jumlah kunjungan halaman (page views).

Tentu saja, bagian marketing ini pula yang mencari sponsor, iklan, atau menangani AdSense.

Demikian ulasan ringkas mengenai Manajemen Media Online. Selengkapnya bisa Anda simak di buku saya, Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online.

Proses Pendirian Media Online

  1. Pendirian PT dengan Bidang Usaha Penerbitan Media/Perusahaan Media
  2. Nama, Logo, Domain, Hosting, Desain (Website)
  3. Visi, Misi, Editorial Policy, Rubrikasi
  4. Struktur Organisasi
  5. News Processing: Gathering/Collecting, Editing, Publishing/Posting
  6. Content: Text, Image, Audio, Video, Infografis

Struktur Organisasi Media

  1. Pemimpin Umum
  2. Pemimpin Redaksi (Chief Editor)
  3. Redaktur Pelaksana (Managing Editor) (Optional)
  4. Redaktur/Editor/Jabrik/Desk Editor
  5. Reporter, Fotografer, Videografer, Graphic Designer/Ilustrator
  6. Koresponden
  7. Kontributor
  8. Pemimpin Usaha (Iklan/Marketing/Promosi/Tim Bisnis)
  9. IT/Web Desain
  10. Tim Media Sosial/Social Media Marketing (SMM)

Potensi Pendapatan Media Online

  1. Iklan Lokal
  2. Advertorial/Conten Placement
  3. Google AdSense

Sumber1, Sumber2, Sumber3

 

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s