Karakteristik Media Online
1. Audience Control
Dengan menggunakan teknologi terkini pengembangan situs, pembaca dapat lebih leluasa dan mudah dalam memilih informasi.
2. Nonlienarity
Untuk memahami konteks informasi, di dalam segmen informasi yang disampaikan tidak selalu harus disertakan segmen sebelumnya.
3. Duplication
Informasi dapat dengan mudah diduplikasi, sehingga proses penyebaran dan distribusi informasi dapat lebih luas.
4. Retrievability
Karena dengan dukungan basis data yang memadai maka proses pencarian atas informasi tertentu yang telah lampau dapat dimudahkan.
5. Quantity
Jumlah informasi yang disampaikan dapat lebih banyak jumlahnya, sebab tidak lagi ada batasan jumlah teks / halaman ataupun durasi on-air.
6. Flexibility
Informasi dapat disampaikan melalui berbagai bentuk, dari sekedar teks hingga multimedia.
7. Capacity
Jumlah informasi yang dapat disimpan (arsip) menjadi leluasa, karena dengan digitalisasi seakan tak lagi ada keterbatasan ruang simpan Permanence. Informasi yang disimpan lebih awet karena media penyimpanannya tak mudah lapuk.
8. Interactivity
Umpan-balik atas suatu informasi akan lebih interaktif, sehingga partipasi audience akan semakin berpengaruh dalam kualitas informasi.
9. Mobile
Dengan menggunakan format teknis yang sedehana, maka formasi dapat disampaikan di mana dan kapan saja melalui peranti bergerak.