Berita · Jurnalistik · Media

Jurnalisme Umpan Klik Merusak Kaidah Jurnalistik


clickbait-journalism-umpan-jebakan-klikJurnalisme Umpan Klik (Clickbait Journalism) adalah fenomena jurnalistik online yang merusak kaidah penulisan jurnalistik.

Media-media online atau situs-situs berita penganut jurnalisme clickbait membuat judul berita yang bikin penasaran pembaca dengan tujuan link judul itu diklik.

Judul-judul umpan klik bukan produk jurnalistik, tapi IKLAN, dengan tujuan diklik dan meningkatkan trafik atau jumlah kunjungan.

Judul umpan klik dipastikan akan membuat pembaca kecewa karena isi berita berbeda dengan judul atau tidak seperti dibayangkan. Maka, jangan pernah mengklik judul-judul berita umpan klik.

Judul umpan klik disebut juga “misleading online content” dan kini identik dengan jurnalistik online.

Publishers increasingly use it for simple economics; the more clicks you get, the more people on your site, the more you can charge for advertising.

Berikut ini contoh-contoh judul berita umpan klik yang merusak kaidah jurnalistik dan tidak mencerminkan jurnalisme profesional dan medianya bisa dikatakan media abal-abal yang tidak mempraktikkan jurnalistik yang baik.

Saya menyebutkan jurnalisme merusak kaidah jurnalistik karena jurnalisme umpan klik menyimpang dari misi jurnalistik, yakni menyampaikan informasi (to inform), sedangkan judul-judul umpan klik bertujuan mendatangkan trafik atau untuk diklik (to be clicked).

Intinya, jurnalisme umpan klik bukan jurnalisme yang baik, bahkan disebut sebagai “bentuk terendah jurnalisme media sosial“.*

Advertisements

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s