Konsultasi

Sumbangsih Saran untuk Radio Dakwah


Bismillah, salam kenal dari saya di Makassar. Beberapa bulan sebelumnya, ada donatur yang siap mendukung pendirian radio dakwah di kota kami. Alhamdulillah, proses yang dilalui telah sampai pada tahap kunjungan tim verifikasi dari KPID dan persiapan untuk public hearing.

Namun kendala jumlah SDM yang terbatas pada bagian produksi dan acara membuat kami yang saat ini kebanyakannya adalah pegawai kantoran membutuhkan lebih banyak referensi tambahan seputar program acara dan hal-hal lain seputar teknis penyiaran.

Jika Al Akh Asep -dibikin mudah dan yang akrab aja deh panggilannya- berkenan memberikan sumbangsih saran dan tulisannya untuk radio dakwah ini, insya Allah kami sangat apresiasi.

Demikian dari saya untuk sementara, syukran wa jazaakumullahu khairan!

NB: saat pertanyaan ini sy ajukan, Anda nggak online. faisal daeng muntu

Jawaban

1. Salam kenal kembali. Terima kasih sudah berkunjung ke kolom saya ini.

2. Referensi tambahan seputar program acara dan hal-hal lain seputar teknis penyiaran silakan tengok blog saya www.romeltea.com, di sana ada beberapa posting seputar teknik siaran radio dan programming.

3. Silakan ajukan “pertanyaan spesifik” soal teknik siaran atau program agar saya bisa fokus dan detail menjawabnya, insya Allah.

4. Untuk sementara, saya sampaikan gambaran program radio dakwah seperti silabus teknik produksi siaran radio dakwah, yang saya susun untuk Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN SGD Bandung, antara lain sebagai berikuit:

  •  Format Musik Dakwah — Pemilihan jenis musik Islami, termasuk backsound dan sound effect, dan penempatannya dalam program untuk menunjang siaran dakwah
  •  Format Siaran Dakwah — Gaya siaran keislaman, penentuan format  program, standar kata siaran, penggunaan retorika Islam/dakwah dalam siaran, dll.
  • Format Siaran Dakwah: Ceramah/Talkshow –Pengelolaan siaran keislaman, penentuan format, topik, narasumber, host, live interactive, dll.
  • Renungan Dakwah — Program khusus berdurasi pendek untuk menyampaikan pesan-pesan keislaman, misalnya renungan tiap pergantian jam (menit tertentu).
  • Insert Dakwah — Paket khusus untuk menyampaikan pesan-pesan keislaman di sela-sela siaran iklan atau lagu. (Jam siara tidak tetap).
  • Berita & Feature Dakwah — Program informasi aktual keislaman dan keumatan, dikemas dalam program khusus.

Insya Allah, saya siap “terbang” ke Makasar jika radio Anda hendak menggelar Inhouse Training seputar siaran dan program radio dakwah. Saya bisa berbagi dengan Anda seputar teknik siaran dan program radio dakwah. Kebetulan saya ada sedikit pengalaman sebagai Program Director di sebuah stasiun radio dakwah di Bandung. Terima kasih. (www.romeltea.com).*

Advertisements

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s