Aside: Mandeg Saat Mulai Menulis


SAYA sering mencoba untuk menulis artikel. Tapi selalu saja kandas di tengah jalan. Setelah menulis dua-tiga alinea, mandeg. Mohon saran. Jazakallah…. (Isna, Bandung). Isna, Bandung

Jawaban

Menulis adalah proses. Ada tahapan yang harus dilalui sebelum prung menulis. Setelah menemukan ide atau tema, kembangkan tema tersebut dengan mencari referensi atau data tentang tema tersebut, baca, cerna, pahami, untuk memperkaya data dan memperluas wawasan tentang tema tersebut, sekaligus sebagai bahan perbandingan.

Setelah itu buatlah outline/garis besar atau kerangka tulisan. Misal, temanya “Da’wah Marak (Tapi) Korupsi Menggila”. Outlinenya:

1. Semarak dakwah –menggambarkan betapa dakwah dalam berebagai bentuk marak di Indonesia;

2. Korupsi menggila –kasus-kasua korupsi di Indonesia di berbagai level;

3. Pengaruh dakwah terhadap perilaku korup –kaitan dakwah dengan korupsi, mengapa tidak terpengaruh, dll. (analisis penulis).

Insya Allah dijamin, jika ukhti banyak membaca reefrensi sebelum menulis, proses penulisan tidak akan mandeg. Lazimnya, mandeg di tengah jalan saat menulis karena kekurangan bahan/data/referensi. Good Luck! (More about writing technique: http://www.romeltea.com).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s