Konsultasi

Kiat Merawat Kualitas Suara


Assalamualaikum Pak, salam kenal ya, saya Muari Muhli yang sudah berminat pada dunia suara (Nyangi, Qiro’ah, MC, Siaran, Baca Puisi dll) sejak SD, dan kini saya bercita cita untuk menggantikan Tantowi Yahya dan juga Ferdi Hasan (hehe,,Narsis ya) tapi itulah impian saya. Makanya saya menjelajah internet untuk dapatkan lebih banyak ilmu tentang itu dan akhirnya saya terkesan dengan karya karya anda.

Di sini yang ingin saya tanyakan :

1. Bagai mana agar suara kita tetap dalam keadaan baik dan tambah baik. Makanan, minuman dan kebiasaan apa yang saya harus hindari?

2. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk merawat suara?

Sejak kecil ketika saya fokum dengan Qiro’ah dan Baca Puisi saya menghindari makanan berminyak, namun ketika saya terlanjur mencicipi satu cuil gorengan suara saya serak dan tenggorokan juga cepat radang. namun saya mencoba untuk tetap axis hingga akhirnya SMP saya masuk ke dunia Broutcasting. Namun sekarang fakum karena harus pulang sekolah jam 4 sore. oh ya, bagaimana bila saya ingin konsultasi lewat telpon ? karena sangat banyak yang ingin saya tanyakan. Bolehkah saya minta No HP anda ?

Sekian. Terimakasih. Wassalam. Muhammad Ali (Muari Muhli)

Jawaban

Wa’alaikum salam… Saya jawab berdasarkan pengalaman saja ya. Saya sendiri merawat kualitas suara saya dengan “hidup normal”, tidak ada pantangan, akibatnya saat siaran sering serak dan batuk-batuk.

Menurut para ahli vokal, rawat suara dengan menghindari makanan berasa manis dan mengandung minyak (gorengan). Perbanyak minum air putih.

Kualitas suara juga saya rawat dengan sering bernyanyi (karaoke), bahkan di kelas ketika saya ngajar hampir selalu bernyanyi (hobi sih, hehe…) agar kualitas vokal dan “vibrasi” terus terjaga dan terlatih. Demikian. Wasalam.

Tulis Komentar

