Cara Bedah Buku: Subjektif atau Objektif?


Assalamu’alaikum Kang Romel. Terima kasih atas jawabannya yang lalu kang, sangat membantu sekali, walau pembawaan diri masih agak kurang .

Tapi ada pertanyaan lagi nih kang..semoga bisa di jawab karena masih berkaitan dengan acara pada pertanyaan sebelumnya. Pertanyaanya… jika kita sebagai pembedah buku (bukan si pengarang bukunya) sejauh manakah penilaian kita terhadap buku tersebut, subjektif ataukah harus selalu objektif ??.

Pertanyaan ini muncul karena sebelum membaca buku Agus Mustofa (AM), saya  membaca buku Martin Lings (ML)  yang berjudul “Muhammad”, ada pemahaman di buku AM yang menurut pemahaman saya tidak sesuai dengan buku karangan ML mengenai bisa atau tidaknya Nabi membaca dan menulis.

Apakah penilaian subjektif diperbolehkan untuk menutupi pemahaman yang dianggap tidak sesuai dengan pemahaman  si pembedah buku dengan alasan agar tidak melahirkan suatu polemik (mohon maaf kalau pertanyaan inipun bisa menjadi polemik juga karena pemahaman saya yang masih sedikit ).
Jazakumullah, terima kasih atas jawabannya ya Kang..semoga ga bosen. rahmat fauzan

Jawaban

Wa’alaikum salam wr. wb. Sama-sama, afwan….

1. Bedah buku itu mengupas-tuntas buku dari berbagai sisi, desain, isi, dan redaksional. Kupas tuntas itu termasuk menilai dan mengeritik yang disajikan penulis buku.

Kita memberikan opini atau komentar kita tentang buku tersebut. Karenanya, subjektivitas pembedah tidak bisa dihindari karena penilaian dan kritik itu memang subjektif, namun harus tetap argumentatif, menilai masalah, menilai pendapat, dan bukan menilai “orangnya”.

2. Semua pendapat hakikatnya subjektif, based on pemahaman dan wawasan pengemuka pendapat. Objektif dalam hal ini pengertiannya faktual, sesuai dengan fakta yang ada. Wallahu a’lam. (www.romeltea.com)

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s