Bagaimana Cara Membedah Buku?


Assalamu’alaikum Wr.Wb . Maaf mengganggu kang. Mohon bantuannya kang,…kemarin saya di amanahkan untuk sharing buku pada Senin (14/09) , yang sebelumnya saya terima dari atasan saya. mungkin bisa dikatakan sharing atau juga bedah buku ya kang (kalau saya tidak salah memahami bedah buku itu sama dengan sharing :d).

Permasalahan yang saya hadapi adalah bagaimana dan apa saja yang harus di kemukakan ketika membedah buku tersebut ?. Serta bagaimana menimbulkan keberanian untuk berbicara di depan, karena ini adalah  kali pertama saya dan buku yang saya share adalah “Metamorfosis Sang Nabi Dari Buta Huruf Menjadi Ilmuwan Jenius” ..

Mungkin itu dulu pertanyaan saya, kalau ada lagi boleh kan ditanya kembali.

Btw..saya termasuk yang di suka untuk berbicara didepan kang, karena takut kalau ucapan kita nanti berlawanan dengan perbuatan. Jazakumullah katsiran ya kang atas bantuannya.rahmat fauzan

Jawaban
Wa’alaikum salam wr. wb. Silakan ganggu….

1. Bedah buku biasanya dilakukan dengan membedah, mengomentari, atau mengkritisi buku tersebut dari aspek-aspek (a) tampilan dan (b) isi. Tampilan meliputi desain buku, cover, layout, ukuran, bahkan jenis kertas. Pas dan bagus gak semuanya.

Isi meliputi dua hal pula (1) redaksional atau tata bahasa, gaya penulisan, enak gak, hemat kata gak, mudah dimengerti gak kalimatnya; dan (2) substansial, isinya menarik gak, aktual gak, apa pentingnya, bagaimana sistematika pembahasannya, isinya sahih apa dhaif, bisa dipercaya apa kagak, dan seterusnya.

3. Untuk berani berbicara di depan umum, banyak kiatnya, a.l. anggaplah kita yang paling tahu masalah yang akan dibicarakan, pahami tema/topik sebaik-baiknya dan selengkap-lengkapnya, anggap audiens/hadirin sebagai teman baik yang pasti mendukung kita, dan banyak lagi. Selengkapnya soal Public Speaking silakan cek di website saya http://www.romeltea.com, kategori Public Speaking.

Good Luck. Wasalam.*

One thought on “Bagaimana Cara Membedah Buku?

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s