Langkah Awal Program Radio


ass….slmt mlm pak romel saya ari penyaiar dari slah satu radio swasta didepok….saya cuma mau tanya tentang pengembangan program diradio……..tlng dong pak penjelasan langkah awal dari program radio…..sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima terima kasih sebesar”nya…… assalamualaikum Wr.wb

Jawaban

Wa’alaikum salam wr wb. Btw, next time jangan menyingkat salam jadi “ass” ya, lebih baik “salam aja, atau “aswrwb”, terbaik sih lengkap saja “assalamu’alaikum”, soale dalam bahasa Inggris “ass” itu artinya:

kb. 1 (animal) keledai. 2 orang yang bodoh. Don’t be a silly a. Janganlah sebodoh itu. 3 Vlug.: pantat.

Program radio hakikatnya cuma ada dua kategori, yaitu music program dan news program. Dari kedua kategori itulah program radio dikembangkan, misalnya music program menjadi acara request lagu, nasyid, live music, wawancara musisi, klinik musik, dsb.; news program menjadi siaran berita (news program), breaking news, talkshow, live report, dsb.

Menyusun program radio bisa diawali dengan survey pendengar tentang acara yang paling mereka sukai; atau analisis hasil survey AcNielsen –misalnya– tentang acara terfavorit dari semua radio yang disurvei. Hasil survey itu dikembangkan dan diurai menjadi sebuah program acara unggulan.

Dalam menyusun program radio, perhatikan a.l. sumber daya (penyiar yang pas, biaya operasional, peralatan yang diperlukan), minat pendengar, target audience, target iklan, dan jangan lupa susun visi, misi, jenis musik, jenis informasi, dan rundown program/format clock sebagai panduan bagi penyiar yang menjadi host-nya. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s