Komunikasi Non Verbal, Komunikasi Visual


Pertanyaan

Komunikasi menggunakan media gambar termasuk komunikasi non verbal kan? Apa ada teori yang mengakan hal itu? soalnya saya cari kemana-mana tidak dapat..  terimakasih..

Jawaban

Ada, namanya Komunikasi Visual.

Komunikasi visual, sesuai namanya, adalah komunikasi melalui penglihatan. Komunikasi visual merupakan sebuah rangkaian proses penyampaian kehendak atau maksud tertentu kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan. Komunikasi visual menkombinasikan seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya.

Ada juga Desain Komuniksi Visual, yaitu ilmu yang mempelajari konsep komunikasidan ungkapan kreatif, teknik, dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara  visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.

Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Contoh komunikasi nonverbal ialah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.

Googling aja, tinggal ketik “Komunikasi Visual”, silakan cari sesuai dengan kebutuhan Anda. Good luck!

— Dok. Konsultasi Jurnalistik & Broadcasting http://www.warnaislam.com

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s