Jurnalistik

Syarat Jadi Redaktur


Pertanyaan

Hal2 Apa saja yang harus dimiliki oleh seorang redaktur. Bagaimana mensiasati kalau nara sumber tidak mau ditulis identitasnya? Apa tidak langgar kode etik jurnalis jika menaikkan beritanya. terima kasih. wassalam.

Jawaban

Redaktur, lazim juga disebut sebagai editor, adalah orang yang melakukan penyuntingan (editing) dan juga melengkapi naskah-naskah berita yang ditulis oleh wartawan atau reporter. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu (seperti politik, pertahanan keamanan, ekonomi, perkotaan, hukum kriminal, olahraga) atau halaman tertentu di media cetak. (Wikipedia)

Yang harus dimiliki oleh seorang redaktur a.l. wawasan luas, berpengalaman lama jadi reporter, menguasai bidang keilmuan sesuai dengan materi rubrik yang menjadi tanggung jawabnya, mengusahi bahasa Indonesia dan bahasa jurnalistik (bahasa media), bijak, tetap tenang di tengah kejaran deadline, dll.

Kelengkapannya a.l. kamus, ensiklopedia, biografi tokoh, dll.

Menyiasati kalau nara sumber tidak mau ditulis identitasnya: tulis misalnya “menurut sumber warnaislam.com yang tidak mau disebutkan namanya….” atau  “seorang pegawai di pabrik itu mengatakan….”

Apa tidak melanggar kode etik jurnalis jika menaikkan beritanya? Tentu tidak, kalau kita menyebutkan namanya, padahal ia keberatan, itu baru melanggar kode etik.

Wartawan punya HAK TOLAK, yaitu hak tidak menyebutkan identitas narasumber. Hak itu dilindungi UU No. 40/1999 tentang Pers. Wasalam.

— “Konsultasi Jurnalistik & Broadcasting”  www.warnaislam.com

Advertisements

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s