Tahun 2012, Semua Wartawan Harus Profesional


Dewan Pers yang menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan membuat standar khusus bagi pekerja pers. Standar tersebut dibuat untuk menjaga profesionalisme kerja wartawan dan  diberlakukan mulai 2012.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PWI Pusat Mardiono pada peringatan  Hari Pers Nasional dan Ulang Tahun ke-65 PWI di Gedung PWI Sulsel, Senin 6 Juni.

Ia menyampaikan beberapa masalah yang menerpa dunia pers Indonesia beberapa tahun belakangan. Salah satunya  profesionalisme kerja wartawan yang masih kurang.

Sangat sedikit wartawan yang bekerja sesuai standar dan kode etik yang berlaku. Banyak instansi yang mengeluhkan seringnya terjadi intimidasi dan pemerasan oleh oknum wartawan. “Untuk yang demikian itu kami ragukan apakah benar-benar wartawan atau bukan,” katanya.

Dewan Pers, kata Margiono, siap mengeluarkan sertifikasi  wartawan mulai tahun depan dan wajib diikuti seluruh wartawan di Indonesia. Wartawan yang tidak memenuhi standar tidak akan diberi sertifikat.

“Saat ini ada sekitar 100.000 wartawan di seluruh Indonesia. Sebanyak 70.000 di antaranya belum bisa dikatakan profesional. Sangat kurang yang paham kode etik,” lanjut Mardiono.

Proses sertifikasi Dewan Pers akan menggandeng PWI, lembaga pendidikan jurnalis, perguruan tinggi serta tenaga ahli seperti wartawan senior. Mereka yang mengikuti sertifikasi akan diuji beberapa hal terutama pengetahuan umum dan pemahaman kode etik jurnalistik.

Penjelasan Mardiono diamini ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh. Ia mengungkapkan beberapa anggota PWI yang melanggar dan langsung diberi sanksi. Di antaranya ada yang dilaporkan ke pihak yang berwajib. “Mereka yang melanggar itu umumnya tidak mengerti kode etik,” lanjutnya. (www.fajar.co.id).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s