Siaran Radio di Facebook, Kok Bisa?


radio_baticHampir setiap hari, kalau tidak lupa atau tidak sibuk banget, saya “bekerja” sambil nge-DJ radio internet, Radio Batic (http://www.radio.baticnews.com). Intinya sih, sambil dengerin musik. Namun, karena muternya di radio internet itu, maka orang lain pun, di selurun dunia, bisa turut mendengarkan lagu-lagu yang saya putar.

Biasanya, lagi-lagi kalau tidak lupa, saya kabarkan kepada dunia via Facebook bahwa saya sedang nge-DJ di Radio Batic. Tentu, agar mereka juga ikut mendengarkan, bahkan boleh request via komentar di status FB saya.

Saya hanya siaran musik, tidak siaran kata. Artinya, tidak cuap-cuap layaknya siaran radio. Nah, siaran kata untuk hari ini (19/1) saya lakukan via status di FB. Siaran kata berupa tulisan, bukan suara. Sengaja saya tuliskan siaran kata itu, sekaligus sebagai “bimbingan” atau “contoh siaran” bagi mereka yang ingin tahu atau ingin belajar siaran. Mereka antara lain member grup Facebook KLINIK KOMUNIKASI yang saya asuh.

Berikut ini salinan “script” atau “naskah siarannya” plus beberapa komentar yang masuk.

OPENING: Assalamu’alaikum listener! Selamat pagi… Semoga kabar baik hari ini. Hari baru, semangat baru, tapi mungkin pekerjaan lama. Tak mengapa, asalkan terus ada harapan baru dan target baru yang lebih baik. Saya Romeltea menemani aktivitas Anda hari ini dengan lagu-lagu Pop Indonesia di Radio Batic. Just klik… http://radio.baticnews.com/. Now… INSIDE with “Dengarkan Dengarkan….” Stay tuned!

Listener, bagi Anda yang belum tau caranya pesbukan gratis di HP, ini infonya. Klik aja di browser HP Anda http://0.facebook.com/. Pesbuk gratis ini berlaku untuk pelanggan XL, AXIS, Telkomsel, Three, dan Indosat. Info lengkap, klik aja… http://www.facebook.com/mobile/. Kini lagu asyik berikutnya…. Menunggu… from Zivilia dalam Aishiteru…! Enjoy it…!

Listener, setelah sukses duet bersama Syahrini, kini Anang, sang duren alias duda keren ini… sukses pula berduet dengan anaknya –Aurel– dengan lagu “Tanpa Bintang”. Lagu ini, jelas banget pesannya ya… Walau tanpamu, KD, kami tetap bahagia…! Haha… membunuh bintang walau tanpa malam, eh… membunuh malam walau tanpa bintang….! Right, listener, saatnya request….!

Kucoba buka tabir ini. Kisah antara kau dan aku. Terpisahkan oleh ruang dan waktu…. KEHILANGAN by Firman. Lagu ini khusus bagi Anda yang kehilangan seseorang. Bukan bermaksud menambah luka, tapi sekadar mengingatkan deh… bahwa banyak juga orang seperti Anda, kehilangan…. Tuh…. mereka bisa sabar dan mendapatkan yang lebih baik! Setelah lagu kehilangan, masih banyak lagu lain, dari Ungu, Armada, de el el.. Stay tuned!

Mungkin lewat mimpi/ Kubisa tuk memberi/ Ingin bahagia tapi tak bahagia… Kuingin dicinta tapi tak dicinta… Halah, kasian banget ni Armada ya, dalam lagunya… Pemilik Hati. Ada yang punya pengalaman serupa dengan Armada? Silakan kirimka…n SMS ke… nomor siapa aja lah… he he…// Listener, penyanyi tu seperti penulis. Katanya, penulis itu orang yang mampu mengatakan yang pembaca tidak bisa katakan… Nah, penyanyi pun demikian… mengungkapkan apa yang tidak bisa diungkapkan pendengar… Kini lagu berikutnya, lagu agak lama sih, tapi masih uenaak… Hijau Daun, dengan… Suara Kuberharap….


Komentar: bagus bos.. sip.// Wa’alaikumsalam wr wb met pagi juga// kang… format script aja biar tau cara penulisan script yang baik… mohon bantuannya kang… hehehe…// alhamdulillah sae ngan jaringan provider internetna lemot… hehehe…// walaikumsalam kang romel, selamat pagi juga, alhamdulillah. semoga kang romel juga demikian sehat selalu.amin.// lagu rossa yg br udh d putar blm kang??

Nah, itulah yang saya maksud siaran via Facebook. Mau? Bikin aja radio internetnya, ada kok yang gratisan. Tanya aja Mbah Google ya…

Jika Anda ingin mendengarkan Radio Batic, tapi begitu www.radio.baticnews.com dibuka enggak nyala, kontak saja saya via inbox di FB atau via email ke romeltea@yahoo.com. Nanti saya nge-DJ dan Anda boleh request, syukur-syukur file lagunya diemailkan juga… Wasalam. (www.romeltea.com).*

Advertisements

2 thoughts on “Siaran Radio di Facebook, Kok Bisa?

  1. Mau tanya bagaimana langkah-langkahnya cara membuat Stasiun Siaran Radio di Facebook ??? karna saya ingin membuat siaran radio / radio online via streaming . Terima Kasih

  2. Wah sip nich kpn2 tak coba add. Oya punya nmr tlpn request MHFM solo gak? Chanel 92.1 FM

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s