Komunikasi Jurusan Favorit di Unpad


unpadJurusan Ilmu Komunikasi, Kedokteran, dan Manajemen menjadi program studi favorit di Universitas Padjadjaran, Bandung. Ketiganya paling banyak diminati peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2010.

Menurut Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Padjadjaran Husein H Bahti, ketiga jurusan tersebut dari tahun ke tahun selalu tinggi peminatnya. Namun begitu, peminat Ilmu Komunikasi cenderung turun hingga jatah kursinya pun dikurangi. “Mungkin karena sudah jenuh,” ujarnya, Jumat (14/1).

Jumlah peminat Ilmu Komunikasi pada SNMPTN 2010 mencapai 3.219 orang untuk 76 kursi. Program studi Pendidikan Dokter yang menampung 140 orang diperebutkan 3.218 orang. Sedangkan 93 kuota jurusan Manajemen diminati 3.085 pendaftar.

Menurut Husein, Unpad tahun ini tidak akan menambah kuota kursi juga program studi baru. Mahasiswa baru jenjang S-1 dari jalur SNMPTN tertulis, undangan, dan seleksi mandiri sekitar 3.000 orang. “Kami tidak bisa menambah karena fasiltas kuliah dan jumlah dosen terbatas,” ujarnya.

Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia mengatakan, pihaknya tahun ini memutuskan hanya menggelar satu tes untuk dua jalur masuk mahasiswa baru 2011. Hasil tes SNMPTN dipakai untuk jalur reguler, sekaligus jalur seleksi mandiri yang disebut Seleksi Masuk Universitas Padjadjajaran (SMUP).

“Untuk efisiensi, jadi nanti siswa tidak perlu tes dua kali, kita pakai nilai SNMPTN saja,” katanya saat dihubungi di Palembang, Jumat (14/1). Integrasi ujian itu agar calon mahasiswa tidak perlu repot dua kali tes dan mempersiapkan ujian. (TEMPO INTERAKTIF).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s