Skill Komunikasi Efektif: Seni Komunikasi


communicationUntuk menjadi orang sukses, kita mesti memiliki keterampilan komunikasi yang hebat dan mesti menjadi pembicara yang hebat pula. Kita lihat bagaimana caranya!

Piawai berkomunikasi dan menjadi pembicara hebat tidak terlalu sulit. Kita “hanya” perlu melengkapi diri dengan keterampilan, gaya, dan amunisi yang benar dalam berkomunikasi.

Berikut ini beberapa tips yang akan membantu kita dalam menciptakan kesan positif kepada orang lain dan mendorong kesuksesan kita.

Be Confident
Percaya diri. Keterampilan penting pertama adalah percaya diri dan kemampuan beradaptasi dengan segala suasana atau lingkungan kerja.

Practice good listening Skills
Hal penting berikutnya adalah kita harus menjadi pendengar yang baik. Kita tidak pernah bisa dapat berkomunikasi dan bercakap-cakap dengan seseorang, jika kita tidak mendengarkan yang orang katakan. Kita akan mendapatkan kesempatan untuk mengemukakan pandangan kita, tetapi sebelum itu kita harus bersabar dan mendengarkan perkataan orang lain dulu.

Think before you speak
Selalu berpikir sebelum berbicara. Luangkan waktu untuk berpikir, jangan terburu-buru berbicara.

Be Updated
Sadar akan dunia di sekitar kita dan menjaga informasi yang kita miliki senantiasa aktual sehingga dapat berpartisipasi dalam percakapan intelektual. Dengan demikian kita bisa berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

Don’t Pretend
Kita jangan berpura-pura tahu segalanya dan menganggukkan kepala (pura-pura mengerti) untuk segala sesuatu yang orang lain katakan. Tidak ada salahnya atau bukan hal memalukan kalau kita mengaku tidak memahami topik pembicaraan, bahkan kita bisa belajar dan mendapatkan sesuatu yang baru.

Stay away from Gossip
Jauhi Gosip. Manjakan diri dalam percakapan cerdas dan sehat. Selalu hindari topik-topik sensitif, terutama bila kita tidak mengenal dengan baik orang-orang di sekitar kita, seperti apa agamanya, aliran politiknya, dan kehidupan pribadinya. Kita tidak ingin terjebak dalam adu argumen dan perkelahian yang sia-sia.

Ketika seseorang mulai berbicara tentang dirinya atau masalahnya, jadilah pendengar yang baik, tetapi tidak menawarkan nasihat. Jika seseorang meminta nasihat kita, berbagilah tentang pengalaman serupa yang kita miliki, tetapi tidak memosisikan diri sebagai penasihat.

In Conclusion
The most important thing is be yourself. Yang paling penting adalah menjadi diri sendiri.

(Disadur dari Effective Communication Skills: The Art of Communication by By Prerna Salla @ buzzle.com by Romeltea.com).

Advertisements

3 thoughts on “Skill Komunikasi Efektif: Seni Komunikasi

  1. pak…selain saya tidak PD, (terkadang) kurang bisa tepat menjawab pertanyaan, pendiam (termasuk diam dalam mengingatkan kebaikan dan mencegah kemungkaran…:D), saya juga adalah orang yang tertutup. Klo untuk orang yang tertutup tipsnya apa ya pak ? 🙂

    Terkadang juga saya menyesal berbicara sesuatu meski itu hal yang sepele. oleh karenanya saya lebih banyak diam kecuali dengan orang yang saya rasa nyaman untuk bertukar pikiran.

    Saya sedang berusaha mengatasi ini semua (selain trus banyak membaca materi2)…dan pas googling ketemu deh ini website…:).Semoga bisa selalu berkunjung di website ini……

    tolong juga dibalas di email saya.Terima kasih banyak….

  2. sip,,,, thanks yah…

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s