Catatan dari Yogya (1): Workshop Media Online


workshop_deptan“Mimpi” berkunjung ke Yogyakarta jadi kenyataan. Mungkin karena saya suka banget lagu ”Yogyakarta” (KLA Projek), makanya ngebet banget bisa datang ke sana.

Akhirnya, berkat undangan Pak Nandi ”Kang Abang” Admiharja dari Badan Litbang Kementerian Pertanian, untuk menjadi pembicara pada Workshop Media Online, the dream comes true! Terbanglah saya ke Yogya bersama Wings Air via Bandara Husein Sastranegara Bandung (6/10). Ke Bandung lagi keesokan harinya, juga bersama Wings Air yang hmm… gareulis euy pramugarina! He he…

Nama lengkap acaranya “Workshop Pengelolaan Situs Web Lingkup Balai Pengkajian Kementerian Pertanian”, 8-9 Oktober 2010, di Kampus Sekolah Tinggi Multimedia MMTC, Jln. Magelang Yogyakarta.

Saya dipercaya menjadi pemateri ”Jurnalistik Praktis: Teknik Menulis di Media Online”. Saya share kepada 50-an peserta dari BPTP Litbang Kementeria Pertanian se-Indonesia itu, yang saya tahu tentang pengertian dan karakteristik media online, pengertian dan karakteristik jurnalistik online, teknik dan produk jurnalistik, ciri khas jurnalisme online, dan kiat menulis di media online.

Target saya, peserta –juga saya— kian paham betul media online dan cara mengelolanya dari segi konten. Minimal, peserta termotivasi mengisi web BPTP-nya masing-masing dan mampu menulis berita.

Alhamdulillah, rumus cara mudah menulis berita berhasil saya ”suntikkan” kepada peserta. Itu lho, rumus ”Who does What When Where Why How”. Saya janjikan, kurang dari 10 menit peserta bisa menulis berita (standar). Nyatanya, “hanya dua menit, Kang!” kata Bung Nandi yang mendampingi saya saat presentasi. Alhamdulillah, beberapa peserta yang diminta membacakan tulisannya, berhasil! Hore….!!!

Semoga peserta, juga saya, ingat terus dan mampu mengamalkan rumus ”T Model” dalam menulis di media online, juga gaya bahasa media online yang ringan, “informal”, ringkas, dan ”hidup”.

Terima kasih, Litbang Deptan! Hatur nuhun, Kang Nandi… Semoga ada follow up dan workshop lagi… (he he… ngarep diundang lagi…).Wasalam. (www.romeltea.com).

Next:

Sensasi Kopi Jos

Misteri Beringin Kembar

2 thoughts on “Catatan dari Yogya (1): Workshop Media Online

  1. Hehehe skrg sy blajar jd editor dulu nih..
    * Nandi Adimihardja bukan dari BPTP Litbang Kemtan tapi Badan Litbang Pertanian
    * Masih ada beberapa ‘slip tounge’ hehehe contoh: BTPT seharusnya BPTP..

    klo yg satu ini mo ngingetin doank: tonk hilaf pang link-keun web litbang di blog ieu nya..

Tulis Komentar

