Catatan

Jadi Facebooker Aktif


fbb_addSejak menjadi pemateri Diklat Penyiar & Reporter Radio RPI (Radio Perantau Indonesia) Hong Kong, Desember 2009 & Agustus 2010, saya menjadi facebooker aktif. Sebelumnya, saya Facebooker pasif karena khawatir terkena “hidden agenda” Facebook (FB) seperti mematikan potensi berpikir, membekukan fungsi otak kiri, dan membunuh kreativitas menulis. Bahkan, menurut seorang dokter Inggris seperti dikutip Daily Mail, FB bisa sebabkan pikun dan stroke!

Kini saya tidak takut karena dampak negatif FB tersebut sudah saya atasi. Lagi pula, selain demi silaturahmi dan komunikasi dengan para perantau Indonesia di Hong Kong, khususnya peserta diklat, saya menjadi FB-er aktif karena diberi amanah mengelola situs Dompet Dhuafa Hong Kong – DDHK News (www.ddhongkong.org), plus Grup FB dan Tweeter-nya. Jadi, “terpaksa dengan ikhlas” saya pun menjadi “jupe”, jurig pesbuk, namun insya Allah tetap memaksimalkan potensi berpikir, memfungsikan otak kiri, dan tetap menulis karena harus update konten situs DDHK dan web lainnya.

Lewat akun FB saya serta Grup FB dan Tweeter DDHK, saya sebarkan, da “link” update berita dan artikel di DDHK News. Lewat FB, saya “memantau” perkembangan DD Hong Kong dan dinamika para perantau Indonesia di sana. Lewat FB juga, saya berkomunikasi dengan para kontributor/reporter DDHK News di Hong Kong dan tempat lain. Lewat FB itulah saya mendapatkan foto-foto dan bahan berita, khususnya untuk update “INFO DDHK”.

Saat Idul Fitri, seorang perantau, Susie Utomo namanya, aktivis Forum Lingkar Pena (FLP) Hong Kong, “melaporkan langsung” jalannya Shalat Id di Lapangan Victoria Park, menit demi menit, lewat status FB-nya. Saya ikuti, copy, dan rangkum menjadi berita. Demikian juga fotonya, saya dapatkan di wall foto FB kawan-kawan perantau di HK.

Saat DD Hong Kong mengelar halal bihalal dan penghargaan “Best Volunteer 1431 H” Ahad lalu, saya pun mengintip jalannya acara dan foto-fotonya, lewat status FB mereka, lalu komentar minta dikirim laporannya. Jadilah berita!

FB yang pertama saya kujungi, biasanya punya Direktur DDHK, Ust. Abdul Ghofur, untuk mengintip dinamika DDKH dan menjadi bahan berita. Selain itu, akun FB para perantau yang bisa menulis, seperti Susie Utomo, Ratu Bilqis, dan para relawan DDHK. Dari sebuah foto pamflet pun, bisa jadi berita seperti ini dan lainnya!

Yang agak “merepotkan”, beberapa perantau di HK itu ngajak chating. Kalo cuma “say hallo”, salam, itu tak masalah. Yang jadi “masalah”, ketika mereka “konsultasi agama” (Islam), bahkan “konsultasi bahasa Arab!”. Ampun….!!! Misal, “Kang, kafir zindiq tuh apa?”, “Kang, kenapa jawaban syukron kok afwan?”, “Kang, bahasa Arabnya ‘Ibu aku pengen nikah’ apa?”, dan banyak lagi.

My point dalam posting ini adalah… yuk, mari manfaatkan FB sebagai forum silaturahmi dan media komunikasi yang bermanfaat, khususnya untuk syiar Islam (dakwah). Yuk, kita update status FB yang informatif, persuasif (dakwah), positif, bermanfaat… mencerahkan gitu deh… bukan status yang “alay [anak layangan alias kampungan], lebay, gak penting, caper [cari perhatian doang]”, asal, dan sejenisnya.

Demikianlah saudara-saudara, kini saya “terpaksa” menjadi Facebooker aktif dengan “hujjah” dan “personal and professional interest” seperti saya jelaskan di atas. Semoga segera muncul situs jejaring sosial “milik kita” yang kecanggihan dan popularitasnya mengungguli Facebook. Amin! Wasalam. (www.romeltea.com).*

Advertisements

2 thoughts on “Jadi Facebooker Aktif

  1. Saya juga setuju dengan pendapat.. Memang facebook itu ada negatif dan positifnya.. 🙂 Tapi mungkin semua itu seimbang.. 🙂

  2. Adanya fb memang ada dampak postf + negatf trgntung kt gmana cr memanfaatkannya.aku sangat menyayangkan sekali kalau fb digunakn utk hal2 yg tdk brmanfaat apalagi mengundang maksiat.kemarin saya temui ada profile yg memposting profile picturenya semiporno&yg dipasang adalh gmbrnya wanita.sy sbg wnta seakan2 terlecehkan

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s