Radio Broadcasting

Semua Suara Bagus


action1Semua suara bagus. Tidak ada suara yang jelek, kecuali (1) dibuat-buat, tidak natural; (2) menyuarakan yang tidak dipahami; (3) bersuara dalam keadaan tidak rilek, tidak tenang, alias nervous, gugup, atau takut-takut.

Itu sering saya kemukakan di kelas pelatihan dan kelas “kuliahan” sebagai motivasi agar semua peserta/mahasiswa “PD”, percaya diri, bahwa mereka bisa menjadi seorang penyiar.

Semua orang bisa menjadi penyiar. Ya, semua orang! kecuali tunawicara. Siaran hakikatnya adalah “ngobrol”, make a chat, make a conversational with a friend, a best friend, di sela-sela pemutaran lagu dan iklan.

Standar siaran radio adalah “mengantarkan” lagu yang akan diputar dan “mengomentari” lagu yang sudah diputar; lalu mengantarkan lagu berikutnya, begitu seterusnya. Penyiar “hanya” mengisi link, linkage, blank spot, space, ruang, antarlagu. Saat mengisi link itulah, penyiar bersuara; berbicara apa saja sesuai dengan format siaran dan wawasannya. Wallahu a’lam. (www.romeltea.com).*

Advertisements

2 thoughts on “Semua Suara Bagus

  1. punten kang romel

    naha teu aya soraan geuningan ayeuna mah RPI teh?

    wassalam

    (*) Teu lagu atanapi taya anu siaran teh? Lagu2 mah aya apananan… nu siaran langki mah nya, maklum sararibuk teh… BMI-na

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s