Catatan · General

Catatan dari Hongkong (2): Hilang Sandal


kowloon-mosqueJumat, saya mengenakan kaos bertuliskan “I’m Lost in Hong Kong”. Orang Konjen RI baca keras tuh, sehabis Jumatan di sana: “Wah, Lost in Hong Kong…?” Ada hubungannya atau tidak, yang jelas saya benar-benar kehilangan sandal saat usai ceramah di Kowloon, tepatnya di sebuah taman depan Masjid Kowloon (Kowloon Mosque and Islamic Centre), 105 Nathan Road, Tsim Sha Tsui (TST), Kowloon.
Masjid Kowloon ini termasuk satu dari empat atau lima masjid utama di Hong Kong. Lokasinya di sudut jalan Nathan Road dan Haiphong Road, dekat Kowloon Park. Masjid ini cukup besar, bisa menampung hingga 2.000 orang.
Perjalanan dari tempat saya “ngantor” selama di Hong Kong, yaitu Kantor DD HK di Haven Street, Causeway Bay, menuju TST sekitar setengah jam, menggunakan MTR.

Undangan ceramah di pengajian rutin para perantau Indonesia di TST itu, mendadak. Saya lagi asyik depan komputer, di kantor DD HK, tiba-tiba Uts. Ghofur tlp.: “Kang, nanti jam tiga ceramah di Kowloon ya, berangkat jam setengah tiga, ada yang antar.”

Saya pun, ke penginapan dulu, di Bella House, 3 menit dari DD HK jalan kaki, ganti baju. Soalnya lagi pake jeans dan kaos, jadi ganti baju biar kayak ustadz gitu, pake celana kain dan baju koko deh…!

Saya diantar Mbak Yuni, tiba di TKP pas jam 3. Acara dimulai. Saya bilang ke hadirat –ya, hadirat, karena yang hadir akhwat semua, saya ini penyiar, yang mo ngelatih di pelatihan penyiar & reporter radio RPI, jadi bukan ustadz. Tapi, kalo diminta ceramah, ya gak bisa nolak. Kalo nolak, takut dosa saya… kan dakwah itu wajib, ‘tul gak? Betul betul betul….?

Usai ceramah itulah saya cari-cari sandal. Gak ada. Ilang! Wah… gimana neeh…? Berani-beraninya “nyolong” sandal ustadz? Tunggu dulu…. Saya berpikir positif. “Mungkin ada yang pinjem, mo sholat, dia pake sepatu…” Panitia sepakat, lalu minta saya ikut menemukan sandal itu langsung di tempatnya, di pelataran masjid, dekat tempat wudhu. Saya pun “nyeker” dari lokasi acara ke lokasi penyimpanan sandal. Alhamdulillah, ketemu.

Sandal itu hilang karena disangka itu sandal masjid. Soalnya, banyak sandal sejenis di sana. Jadi, disangkanya itu sandal masjid juga, sehingga salah satu jamaah pengajian tidak menyangka bahwa itu sandal yang saya pake. Hah, pengalaman baru, nyeker abis ceramah… Alhamdu lillah.

Usai ceramah, makan, lalu…. saya minta tidak pulang dulu, tapi minta jalan-jalan di TST Kowloon. Saya nyari tas pinggang. Setelah nemu, beli seharga 42 HKD, saya masih gak mau “dipulangkan”. Malam minggu neeh, jalan-jalan… ke mana aja deh… Yang antar pun membawa saya masuk Kowloon Park… Duh indahnya… tapi tetep aja panas, wong lagi musim panas kok! Kami duduk-duku sambil ngobrol, mirip orang lagi pacaran gitu deh… he hehe….

Nah, jam 9 malam, lebih dikit, kami kembali ke Causeway Bay. Saya tiba di penginapan jam 10-an, trus mandi deh, terus mo tidur. Breg teh, hujan badag! Alhamdulillah, sudah di kamar, jadi gak keujanan deh…*

One thought on “Catatan dari Hongkong (2): Hilang Sandal

  1. kyaaaaaaaaaa…..senasippp…xixixixii….
    pas di mesjid TST juga saya kehilangan sendal. Dicari2 ampe mata mendelik ampe ditungguin sejam ga balik juga tuh sendal, akhirnya pulang dengan sendal “pink” satu besar satu kecil yang ada di mesjid, wakakakkkk….
    Pelajaran yg bisa dipetik: jangan pakek sendal ke mesjid kalo ga siap jadi orang yg ikhlas (kehilangan sendal), hehe…

Tulis Komentar

