Public Speaking

Kiat Menjadi Moderator


screenshotRomeltea.com — Kawan saya mengeluh. Dia baru hadiri sebuah diskusi buku. Yang dia keluhkan soal “kinerja” moderator yang –katanya– “gak seru, membosankan, kaku”, jeleklah pokoknya.

Parahnya lagi, kawan saya tidak tahu siapa nama moderator itu!

Lho? “MC tidak menyebutkan. Moderator tidak mengenalkan diri,” begitu kira-kira, ketusnya.

UUK –ujung-ujungnya dia konsultasi deh. Cara jadi moderator yang baik dan benar bagaimana?

“Baca buku saya deh, itu yang Kiat Memandu Acara: Panduan Praktis Menjadi MC dan Moderator”.
“Nanti pasti saya baca… tapi sebelum baca bukunya, saya mau tanya-tanya deh sekarang…”
“Boleh, tapi saya sambil makan bakso ya…”

Maka, meluncurkan sejumlah tanya, soal tata cara jadi moderator. Nih, saya bagi deh dengan Anda, siapa tahu berguna, syukur-syukur ada feedback, biar “ilmu” saya soal moderator juga nambah.

Kunci sukses moderator: Tahap Persiapan
1. Pahami materi diskusi. Mintalah makalah pembicara kepada panitia, minimal sehari sebelumnya, untuk kita pelajari, pahami. Memahami materi merupakan kunci sukses public speaker, termasuk moderator. Dengan begitu, kita sudah dapat gambaran masalah yang akan dibicarakan, bahkan mungkin “kesimpulan sementara”.
2. Kenali narasumber atau pembicara. Minatalah biodata/CV narasumber kepada panitia, pelajari, kenali, biar berasa familiar. Saat jumpa di lokasi acara, tidak merasa asing lagi, udah punya bahan obrolan, sekadar basa-basi buat cairkan suasana dengan narasumber.
3. Kenali audiens, siapa peserta diskusi. Berguna untuk menentukan gaya bicara, pilihan kata, busana, de el el.

Next:
1. Membuka diskusi.
2. Delivery –saat diskusi.
3. Handling audience, Q-A Session, sesi tanya jawab.
4. Mengtasi pembiara “melenceng”.

To be continued… mo siap-siap brangkat ke Hongkong nih, be trainer Diklat Penyiar & Reporter Radio @ Radio Perantau Indonesia Hongkong. Wish me luck… Amin…! Wasalam. (www.romeltea.com).*

Tulis Komentar

