Sekilas tentang Radio


Radio berasal dari sebuah benda bernama ”Music Box” (Kotak Musik). Kotak tersebut dapat memperdengarkan lagu-lagu berkat pemancaran gelombang elektromagnetik. Karenanya, hingga kini radio identik dengan musik –gudang lagu dan tempat orang mendengarkan musik favorit mereka.

Setelah berperan lama sebagai media hiburan, radio juga menjalankan peran lain –sebagai media informasi. Manajemen stasiun radio pun mengemas program siaran berita (news program), seperti breaking news, news bulletin, talkshow, dan reportase langsung (live report). Dari program itu muncul posisi-posisi profesi baru di dunia radio: news presenter, reporter, dan news director.

Radio merupakan kekuatan kelima (fitht estate) atau ”pilar demokrasi kelima” setelah eksekutif, legislatif, yudikatif, dan pers (minus radio). Hal itu antara lain karena radio memiliki kekuatan langsung, tidak mengenal jarak dan rintangan, dan memiliki daya tarik sendiri, seperti kekuatan suara, musik, dan efek suara.

Radio merupakan media massa yang paling banyak dikonsumsi oleh publik, utamanya karena fleksibilitasnya – bisa didengarkan tanpa mengganggu aktivitas lain. (www.romeltea.com).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s