Dormant di FlexiNet: Tamu Tak Diundang yang Menyebalkan!


flexinet_unlimited

flexinet_unlimited

SAYA termasuk beruntung bisa online selama “24 jam”. Siang hari, di kantor mana pun (emang punya kantor berape…?) yang saya kunjungi, ada koneksi internet yang dapat saya gunakan, mulai dari Telkomnet Instant (hari geenee….?) hingga Speedy Unlimited. Malam hari, saat di rumah, pulang kerja (emang punya kerjaan?), saya bisa online lagi dengan menggunakan FlexiNet.

Saya menggunakan flexinet atas rekomendasi seorang rekan wartawan. “Murah, Kang… 60 ribu per bulan!” Saya tanya Mbah Google, wow… rame juga “isu flexinet” ini dibicarakan. Saya pun ganti nomor/provider CDMA khusus buat koneksi, tadinya pake provider laen. Belilah nomor perdana flexi trendy, lalu registrasi dst… jadilah punya koneksi internet 24 jam, unlimited, bisa dibawa ke mana-mana, ketemu komputer tinggal setting bentar, cos… masukin modem, bray nyala… murah pula!

Akan tetapi, Saudara-saudara, huh… leletnya minta ampun (tau tuh yang dosa siape, kudu istighfar segala), cuma 230,4 Kbps. Tapi, lumayan daripada loe manyun… maklum murah. Duit mah kagak bisa bo-ong! Gitu kata hukum ekonomi, makin mahal, makin berkualitas; kian murah makin rendah kualitasnya.

Ok, soal lelet, lambat, it’s not too disturbing me…BUT…. tetapi, di tengah asyik browsing, surfing, searcing, setting, writing, downloading, uploading, dan ing-ing lainnya, TIBA-TIBA… “Page Load Error….” — Connection Interrupted. The connection to the server was reset while the page was loading. The network link was interrupted while negotiating a connection. Please try again.”

Hwalah…. ternyata flexinet mengandung penyakit “dormant”. Kalo di dormant ini muncul, artinya koneksi terputus. Lebih menggeramkan lagi, begitu rekonek, muncul deh: Failed to connect dan sejenisnya. Reconnect-nya susah banget, lama banget, nunggu setengah hingga satu jaman! Kadang, gak sabar, saya restrat komputer berulang-ulang, bahkan matiin dulu, nyalain lagi, dst. Akhkhhh… saya masih gaptek juga neeh soal beginian…!

Saya pun menghubungi 147, lalu tekan 1, tekan 1 lagi, dan “Selamat malam…”. Meluncurlah tanyaku padanya… Jawabnya? “Di kita tidak ada dormant, mungkin settingan modemnya… coba setting ulang.”

Oh, kirain flexinetnya yang kirim tuh si dormant. Saya pun tanya ke Mbah Google. Wah, belum ada tuh guru yang ngajarkan cara mengatasi Mr. Dormant.

Kata kamus Inggris, “dormant” itu artinya 1 terbengkalai/terhenti, tidak aktif. 2 tidur. Bears are d. during the winter Beruang-beruang tidur selama musim dingin.

Duhai flexinetku, please help me… Tolong enyahkan si Dormant di koneksi flexinet ini. Tadinya, saya mau bilang ke flexinet: benci tapi rindu. Benci karena lelet dan sering diskonek, tapi rindu online karena murah dan “menentramkan”. Kalo sudah begini? Ganti nomor emang solusi? Belum tentu! Pake speedy aja deh? Belum tentu juga, pasti ada masalah baru: harga! Alokasi dana, Bung! Emangnya saya menteri yang bisa seenaknya naik gaji, “ngambil” uang rakyat dan uang pinjaman luar negeri di APBN!

Ah, posting ini sekadar curhat… sambil nunggu flexinet nyala lagi… sabar, telkomflexi ‘kan bulan telefon biasa… atau nunggu hadirnya koneksi lain yang murah-meriah dan tanpa ditunggangi Mr. Dormant (eh, tapi si “dormant” itu ‘kan bukan dari Flexinet ya?). Wasalam. (www.romeltea.com).*

10 thoughts on “Dormant di FlexiNet: Tamu Tak Diundang yang Menyebalkan!

  1. he he he
    gimana ya murah sih, tapi karena gak ada pilihan lain ya “terpaksa”
    kl aku pake modem cdma dari flexi sering di datengin mbah dormant juga, pake nokia juga sama. tapi kl pake motorola anteng-anteng aja tuh jarang mbah dormant mampir.
    motorola anget aja, nokia lebih dari anget mungkin cenderung panas, modem bawaan flexi panas.
    intinya jangan samapi panas tuh modem biar mbah dormant males mapir.

  2. tergantung sinyalnnya,kalo bagus ya cepet kalo sinyalnya dikit ya lelet
    kaya punya aq jadi lelet karena sinyalnya dikit pas di bekasi sinyalnya penuh bagus bagus aja kok

  3. cukup di dc dulu koneksi inet-nya, terus restart hp/modem nya (bukan pc-nya)… kemudian konek”in lagi… insya Allah manjur….

    gunakan dns public google untuk menstabilkan koneksi : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 … kemudian jalankan ping dengan perintah “ping -t 8.8.8.8” dan biarkan terus berjalan ping-nya selama koneksi inet…

  4. ternyata buka dormant yang bikin internet kita ga konek..kebalik…

    jadi karena internet kita ga konek (rate nya jadi 0kbps), makanya masuk mode dormant (tidur) yaitu fitur biar kita bisa terima telp or sms saat kita browsing..

    masalahnya aku blum tau cara aktifin lagi dari status sormant kecuali restart komputernya..kadang bisa bolak balik dalam sehari, kadang lagi asyik2 mesti restart..ada yang bisa bantu??

  5. @slacky & terselubung..udah daftar blum paket unlimitednya?kalo ga, mungkin salah ngetik user name nya..kalo aku dah pake lama ga pernah kesedot pulsanya kecuali yang paket..

    @yudi: si dormant tu enaknya diapain ya? aku juga mesti restart computerku bolak balik..lama2 bisa jebol deh..tapi kadang si dormant muncul bentar trus ilang lagi..tapi suka bikin emosi..udah tau cara nanganinnya blum?

  6. Sekedar share aja…

    – 2500/hari
    tapi kok pulsa sering ludes ya??? kalo diitung-itung jadi ga beda dengan timebased. Udah coba komplen ke 147 tentang pulsa yang hilang, tapi… kita semua tau lah gmn tanggapannya😀

    – Kecepatan akses up to 153 Kbps
    tapi kok ya SSH ke server saya di gedung cyber yang notabene pusat internet indonesia (IIX & OIXP) lambatnya minta ampun… ngetiknya per digit…
    Buat yang belum tau SSH, SSH itu sistem komunikasi textbased, kaga ada gambar… kaga ada animasi… Jadi silahkan bayangkan sendiri kalo flexinet dipake buat buka facebook hehehehehe

    just share… silahkan simpulkan sendiri🙂

  7. saya jga pake flexinet, kkarena murah katanya gitu, cuma 50rb unlimited sebulan, ada saatu hal lagi yg mungkin berhubungan dengan si dormant ini, bahwa setiap kali kita connect, akan dikenai biaya 2000, lah klo anda Disconnect trus anda konek lagi kkena lagi 2000, walopun anda konek hanya 1 detik trus DC, anda konekk lagi kena 2000, hmmmmmm perlu dipertanyakan, btw, saya barusan DC setelah OL +- 5jam, saya cek plsa tinggal 5910rp, padahal tadinya pas konek ada 14910rp.. ada plsa yg ilang 9000rb, perlu dipertanyakan berarti saya sudah connect trus dc dan connect lagi sebanyak 4 setengah kali, hhhhmmm, kok ada setengah nya ya,,, dasar flexi memang bukan tilpun biasa…

    (*) Thank bro atas share infonya. Ya benar, flexinet memang “dodol”. Sy langganan bulanan 50rb, nyatanya harus ada pulsa lagi. Pulsa saya sudah “dihisap” 50rb plus 3 X Rp5000, jadi, sudah 65rb tuh biaya bulanan. Ketika pulsa nol, padahal masih aktif langganan, tidak bisa konek, harus diisi lagi minimal Rp 2rb. Jadi, emang boong banget tuh 50rb per bulan! Ayo, ngadu ke YLKI !!! Flexi udah boongin konsumen, nipu!!

  8. saya juga sebel pas lagi asik ngenet tiba2 gak nyambung setelah cek ada sidormant ada gak sodara yg bisa ngatasi si dorna satu ini

Tulis Komentar

