SAP, Satuan Acara Perkuliahan


college_studentsSETIAP awal semester, para dosen biasanya ditugaskan untuk menyusun Satuan Acara Perkuliahan. SAP biasanya berisi materi perkuliahan, pokok bahasan, deskripsi mata kuliah, tujuan atau target, sistem perkuliahan, sistem penugasan (mandiri dan struktural), daftar buku wajib atau referensi, dan sebagainya.

Kadang saya dibuat “kesal” dengan tugas penyusunan SAP itu. Pasalnya, masak tiap awal semester saya harus selalu menyusun SAP? Bukankah SAP yang dulu masih bisa digunakan? Oh, rupanya, tetap perlu disusun kembali karena harus ada perbaikan, koreksi, atau tambahan materi sesuai dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan zaman.

Namun, kebanyakan SAP yang saya buat tinggal print out ulang saja, lalu diserahkan kepada jurusan. Kebetulan, mayoritas mata kuliah yang saya bina adalah mata kuliahpraktis yang pengembangannya terjadi atau dilakukan dalam tataran praktek atau simulasi.

Saya mengajar di perguruan tinggi, sebagai Dosen Luar Biasa alias Dosen Honorer sejak tahun 2000. Motif utamanya: menyebarkan dan mengembangkan ilmu atau skill, aktualisasi, dan sharing. Bisa dikatakan, “Learning by Teaching”. Ilmu itu, kata orang bijak, semakin diajarkan dan diamalkan akan kian bertambah. Amin! Soal honor? Mmm… kalo ada diterima, kalo gak ada… ditagih! He he… Besaran honor sebagai dosen LB? Don’t mention it! Alhamdilillah, saya tidak pernah memasalahkannya. Besar, kecil, no problema… yang penting barokah, halalan thayiban deh. Amin……….!

Entah sudah berapa banyak SAP yang saya susun dan mata kuliah yang saya sampaikan –saya lebih suka istilah “diskusikan” di kelas dengan mahasiswa. Saya memosisikan diri sebagai trainer, instruktur pelatihan, seorang kakak yang lebih dulu tahu dari adiknya, ketimbang sebagai dosen.

Mengajar di kelas reguler dan kelas karyawan sama asyiknya. Dengan kelas reguler, saya bergaul dengan anak muda, ABG. Dengan kelas reguler, saya menambah kawan dari berbagai profesi, mulai dari karyawan biasa, polisi, tentara, ibu rumah tangga, manajer, hingga direktur perusahaan dan PNS di tingkat pemerintahan kota/kabupaten dan propivinsi. Itulah sebagian berkah ilmu.

Mata kuliah yang saya pegang sangat banyak, beragam. Yang secara reguler saya bina adalah Mata Kuliah Jurnalistik Radio di UIN Bandung. Yang paling berat? Ada, yaitu ketika saya dipercaya membina Mata Kuliah Pengantar Agama Islam (PAI) karena pembina yang biasanya bertugas saat itu berhalangan.

Seingat saya, mata kuliah yang pernah, sedang, dan mungkin akan saya sampaikan a.l. Menulis Akademik, Dasar-Dasar Jurnalistik, Komunikasi Praktis, Sistem Komunikasi Indonesia, Sistem Politik Indonesia, Komunikasi Internasional, Komunikasi Politik, Sejarah dan Diplomasi Islam, Komunikasi Massa, Teknik Penulisan Berita, Penulisan Artikel dan Tajukrencana, Bahasa Jurnalistik, Teknik Produksi Siaran Radio, Manajemen Pers/Manajemen Media Massa, Perbandingan Sistem Pers, Sistem Pers Indonesia, Publik Speaking, Teknik MC, Teknik Penulisan Humas (PR Writing), dan … udah deh kayaknya.

Ada juga mata kuliah yang menurut saya ”aneh”, seperti. Jurnalistik Indonesia, Jurnalistik Cetak, Agenda Media (Agenda Setting), Komunikasi Praktis, dan Budaya dan Dinamika Politik Lokal –membuat saya melakukan “ijtihad” soal SAP atau materi perkuliahannya.
Banyak juga mata kuliah yang saat tolak ketika saya diminta mengajarkannya, karena terus terang, saya tidak menguasainya, seperti Administrasi Keuangan dan Pengawasan Publilk dan Teknik Produksi Televisi.

Buat apa saya ceritakan sejarah mengajar ragam mata kuliah ini? Anda yang mencari SAP beberapa mata kuliah yang saya susun, sekadar untuk perbandingan atau bahkan mau digunakan, silakan download di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Untuk mahasiswa saya, baik yang di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung, Komunikasi FISIP Universitas Kebangsaan (UK) Bandung (ingat pesan Prabowo Subianto dari petani dan nelayan Indonesia, ya.. he he… Prabowo : Ketua Yayasan Kebangsaan), maupun FISIP Universitas Al-Ghiffari (Unfari) Bandung, silakan download di Page ONLINE CLASS saja karena SAP-nya plus ikhtisar materi perkuliahan. Wasalam. (www.romeltea.com).*

DAFTAR SAP & DOWNLOAD LINK:

  1. KOMUNIKASI MASSA DOWNLOAD
  2. KOMUNIKASI POLITIK DOWNLOAD
  3. KOMUNIKASI INTERNASIONAL DOWNLOAD
  4. DASAR-DASAR JURNALISTIK DOWNLOAD
  5. PERBANDINGAN SISTEM PERS DOWNLOAD
  6. TEKNIK PENULISAN ARTIKEL & TAJUKRENCANA DOWNLOAD
  7. SISTEM POLITIK INDONESIA DOWNLOAD
  8. TEKNIK PENULISAN HUMAS (PR WRITING) DOWNLOAD
  9. TEKNIK PENULISAN BERITA DOWNLOAD
  10. MANAJEMEN PERS DOWNLOAD
  11. TEKNIK PRODUKSI SIARAN RADIO DOWNLOAD
  12. JURNALISTIK RADIO DOWNLOAD
  13. SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA DOWNLOAD
  14. BAHASA JURNALISTIK DOWNLOAD
  15. Jurnalistik Cetak DOWNLOAD

    One thought on “SAP, Satuan Acara Perkuliahan

    Tulis Komentar

    