Koalisi Pragmatis Jelang Pilpres 2009


APAKAH koalisi paprol saat ini demi kepentingan sesaat atau untuk kepentingan rakyat? Demikian tema yang diangkat Trijaya FM Bandung dalam interview by phone dengan saya, Selasa (5/5) pagi. “Dalam kacamata Kang Romel sebagai pengamat politik, apakah koalisi itu demi kepentingan rakyat?” tanya sang penyiar.

“Saya tidak mengenakan kacamata,” jawab saya, memulai obrolan by phone pagi itu dengan canda ringan. “Rasanya sulit mengatakan koalisi itu demi kepentingan rakyat,” saya mulai serius. “Dalam iklim pragmatisme politik saat ini, saya melihat motif koalisi itu lebih cenderung untuk kepentingan sesaat, yakni kemenangan dalam Pilpres. Pokoknya menang!”

“Koalisi itu bisa langgeng ‘gak atau cuma saat ini saja, nanti bubar lagi?” tanya penyiar. Saya jawab: “Dalam politik-pragmatisme, katakanlah aliran politik realisme yang mengutamakan power, berlaku adagim ‘There’s no eternal friend no eternal enemy but eternal interest’. Tidak ada teman atau musuh abadi, yang ada hanyalah kepentingan, yaitu kepentingan politik untuk berkuasa. Jadi, koalisi yang terjadi saat ini, besok-lusa bisa bubar begitu kepentingan mereka berbenturan. Selain itu, juga berlaku definisi politik ‘who gets what when and how’, siapa dapat apa, kapan, dan bagaimana. Istilah kita bagi-bagi kue kekuasaan atau politik dagang sapi”.

Tentu saja transkrip “radio talkshow” by phone itu tidak persis sama seperti yang saya tuliskan di atas. Namun, intinya kira-kira demikian. Saya memang sering diwawancara oleh Trijaya FM, juga radio lain, by phone, dalam kapasitas sebagai “pengamat politik”, kadang “pengamat dunia Islam” jika isunya keislaman atau keumatan. Uhuy… “gaya” ya? Lho, kok bisa? Saya kan penyiar juga. Nah itu dia, saya bisa berbagai peran, ya pengamat, ya penyiar juga. Yang penting, berbuat sesuatu deh yang mudah-mudahan berguna bagi nusa, bangsa, dan agama! Amin… Wasalam. (www.romeltea.com).*

Tulis Komentar

