Jurnalistik

Manajemen Pers Sekolah: Pokok Pemikiran


schoolpersKarakter Pers Sekolah

· Elitis (elite papers) – dari siswa oleh siswa untuk siswa.

· Bahasa: paduan bahasa jurnalistik & anak muda (slank).

· Visi, misi, dan isinya ditujukan untuk kepentingan siswa & sekolah –jangan diarahkan menjadi pers umum.

· Profil siswa sebagai kaum remaja yang dinamis, aktif, kreatif, dan serba ingin tahu harus tercermin dalam pers sekolah.

· Menjadi wadah bagi penyaluran ekspresi siswa (to provide medium for student expression).

· Menjadi pers yang diperlukan oleh komunitas sekolah (should make itself indispensable to the school community).

· Harus dapat memenuhi fungsinya sebagai media komunikasi (to serve the purpose of mass communications).

Manajemen I : Redaksi

· Konsep Henry Fayol: POAC

· Planing artinya perencanaan, yakni penyusunan atau penetapan tujuan dan aturan.

· Organizing artinya pengorganisasian berupa pembentukan bagian-bagian, pembagian tugas, atau pengelompokkan kerja.

· Acting artinya pelaksanaan rencana.

· Controling adalah pengawasan dan evaluasi hasil kerja.

PLANING – KONSEP MEDIA

· Penetapan visi dan misi

· Nama media dan moto

· Rubrikasi

· Editorial Policy –kebijakan redaksi tentang karakteristik naskah layak muat (fit to print).

ORGANIZING – SDM

· Pembentukan struktur organisasi redaksi –mulai pemimpin redaksi hingga reporter.

· Pembagian tugas atau gambaran kerjanya (job description).

· Rekrutmen & kaderisasi –mis. via pelatihan jurnalistik.

· Kualifikasi SDM/Wartawan : (1) penguasaan teknik jurnalistik, (2) penguasaan bidang & wilayah liputan, dan (3) pemahaman kode etik.

ACTING – AKTIVITAS

· News Planing – Perencanaan Isi/Proyeksi, Rapat Redaksi

· News Gathering – Reportase: wawancara, liputan peristiwa, studi literatur.

· News Writing – Penulisan Naskah

· News Editing – Penyuntingan Naskah: Redaksional & Substansial.

· Graphic Design – Layout & Ilustrasi

· Printing – Percertakan

· Marketing – Distributing

· Evaluating – Rapat Evaluasi

CONTROLLING – PENGAWASAN KINERJA

· Peran Pemimpin Redaksi menonjol –mengawasi kinerja jajaran redaksi, apakah bekerja sesuai rencana atau tidak.

· Pengawasan mengacu pada visi, misi, style book, kode etik jurnalistik, dan tata tertib di bagian redaksi.

· Memutuskan penghargaan dan hukuman (reward and punishment) terhadap wartawan yang berprestasi dan melakukan pelanggaran.

Manajemen II : Marketing

· Promosi –AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action).

· Iklan & Pencarian Donatur –-proposal penawaran

· Distribusi –Target Pembaca.

Kunci Sukses Media

· Product — kualitas isi dan tampilan.

· Promotion – AIDCA.

· Please — kualitas pelayanan media tersebut untuk menyenangkan (to please) dan memudahkan pembaca.

· Price — harga terjangkau.

Tiga Sehat – Triple S

· Sehat SDM – profesionalisme.

· Sehat Manajemen –terencana, terarah, dan terkendali.

· Sehat Sarana — terpenuhinya sarana-prasarana.

Demikian pemikiran saya tentang pers sekolah yang pernah saya sampaikan di sebuah diklat pers sekolah (lupa lagi, udah lama bangets seeh!). Anda, pembina sekolah dan para siswa, halal mengamalkan pemikiran yang saya gali dan rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman ini. Mangga, semoga bermanfaat. (www.romeltea.com).*

Advertisements

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s