Bekali dengan Dasar-Dasar Siaran!


romeltea_

Sim kuring nuju siaran di Radio Shinta 97,2 FM Bandung. Stay Tuned, Lep Ah...!!!

SUATU hari, seorang petinggi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) sebuah Pergurun Tinggi Islam bertanya. “Menurut Kang Romel, apa yang kurang di jurusan KPI?” Saya jawab, banyak, seperti fasilitas praktek dan dari segi kurikulum tidak ada mata kuliah Dasar-Dasar Penyiaran. Padahal, ada mata kuliah Teknik Produksi Siaran Radio (TPSR). Bagaimana mungkin mahasiswa diajari TPSR tanpa dibekali lebih dulu dasar-dasar siaran radio?

Maka, kami pun bersepakat, mata kuliah dasar-dasar siaran radio harus ada, sebagai prasyarakat mengikuti mata kuliah TPSR. Berdasarkan pengalaman, ketika mengasuh TPSR, waktu perkuliahan banyak tersita oleh materi kuliah awal tentang dasar-dasar siaran radio, seperti pengenalan dunia radio dan penyiaran, sebelum masuka ke programming dan teknik produksi.

TPSR sendiri secara normatif menjelaskan tentang prinsip dasar penerapan dakwah di radio, proses perencanaan siaran dan produksi program radio, pembentukan organisasi siaran, serta pembuatan outline, naskah, dan sebagainya. Pada prakteknya, saya susunkan sibalus TPRS sebagai berikut: What’s Radio (karakteristik media radio, karakteristik audience), UU Penyiaran, UU Pers, & Kode Etik Jurnalistik, Format Radio – Programming, Produksi Siaran (Radio Writing, News Writing, Presentasi Naskah, Editing & Mixing), Teknik Wawancara Studio, Program Dakwah Radio, Format Musik, Format Siaran, Insert , Berita & Feature Dakwah, dan sebagainya. Metode perkuliahan teori/ceramah/diskusi dan praktek.

Nah, dengan adanya dasar-dasar siaran, maka tentu perkuliahan akan lebih efektif karena materi TPSR akan langsung ke soal teknik produksi dan programming. Sayangnya lagi, saya coba cari buku soal Basic Announcing (Dasar-Dasar Siaran Radio), juga belum nemu. Akhirnya, saya susun aja tuh buku, judulnya “Basic Announcing: Dasar-Dasar Siaran Radio”, dengan harapan semoga memenuhi kebutuhan text-book soal itu. Kini buku tersebut tengah proses cetak oleh Penerbit Nuansa Cendikia Bandung. Gak tebal kok, tipis saja, biar harganya kejangkau mahasiswa.

Sebenarnya, buku saya yang sudah terbit, Jadi Penyiar Itu Asyik Lho! (Nuansa, Bandung) merupakan dasar-dasar siaran radio juga, tapi menggunakan bahasa tutur dan ditujukan sebagai buku pegangan peserta diklat siaran/kalangan remaja; bahasanya pun bergaya bahasa gaul. Jadi, kurang pas jika dijadikan text-book. Maka, saya bikin lagi aja yang baru, tentu dengan pengembangan sana-sini biar lebih OK.

O, ya, jadi inget. Pak Haris Sumadiria, ketua program studi Jurnalistik UIN SGD Bandung, punya julukan baru buat saya: “Spesialis Buku Saku”. Beliau kemukakan hal itu ketika membedah buku terbaru saya, Bahasa Media: Panduan Praktis Bahasa Jurnalistik, di Kampus UIN SGD Bandung (3/6). Memang, mayoritas buku saya format kecil, seperti buku saku. Sengaja saya buat demikian agar harganya tidak mahal. Ya sih, royaltinya jadi “gak seberapa” jadinya, tapi biarlah, yang penting ilmuku yang tak seberapa ini bisa nyebar bar bar bar….! Wasalam.*

One thought on “Bekali dengan Dasar-Dasar Siaran!

  1. setuju pak,,, !
    harus ada matkul basic announcing,,
    saya sebagai anak kpi. menunggu2 matkul tpsr,,,
    mdh2an bisa ketemu pak romel,,,

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s