Teknik Menulis Artikel Ilmiah Populer


writerPADA prinsipnya, menulis artikel ilmiah populer sama dengan menulis artikel populer biasa –proses kerja intelektual yang membutuhkan keahlian khusus (writing technique), latihan, kejelian, daya nalar, wawasan, referensi, etika, waktu, dan… kesabaran.

Seperti halnya semua tulisan, artikel ilmiah populer juga menjadikan komunikasi sebagai tujuan utama. Communication is the Goal! Sebuah artikel ditulis untuk berkomunikasi dengan pembaca; menyampaikan gagasan, informasi, atau impresi dari pikiran penulisnya kepada pembaca. “The reason for putting words on paper in the first place is to communicate, to convey ideas, information, or impressions from your mind to the minds of your readers,” jelas Elizabeth McMahan & Susan Day dalam bukunya, The Writer’s Rhetoric and Handbook”, 2nd Edition (McGraw-Hill, USA, 1984).

Tulisan yang baik itu jelas, bahkan tujuan komunikasi adalah kelejasan. Apa yang kita tulis harus dimengerti dengan baik oleh pembaca. “Clarity is the Keynote of Good Writing. The goal of communication is clarity. What you have written has not be misunderstood.”

Perbedaan utama artikel biasa dengan artikel ilmiah populer utamanya dalam hal dukungan fakta dan teori. Dalam artikel biasa, penulis tidak dituntut menyertakan fakta atau teori sebagai pendukung argumentasi atau opininya. Jadi, salah satu karakter artikel ilmiah populer adalah opini subjektif penulis disertai fakta-data dan teori pendukung tentang suatu masalah atau peristiwa.

Apa karakter lainnya? Bagaiman struktur tulisannya? Bagaimana pula proses atau tahapan penulisannya? Secara garis besar, saya tuangkan di file terspisah. Silakan DOWNLOAD. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s