Terbit! Buku Panduan Praktis Bahasa Jurnalistik


Alhamdulillah, buku terbaru saya, Bahasa Media: Panduan Praktis Bahasa Jurnalistik, sudah terbit (Cetakan I, Mei 2009). Penerbitnya, Baticpress Bandung. Buku kecil setebal 108 halaman ini berisi tentang seluk-beluk bahasa jurnalistik, secara teoritis dan praktis plus contoh-contohnya; cocok bagi Anda, khususnya penulis dan jurnalis, yang ingin berbahasa jurnalistik atau menguasai bahasa media massa “dengan baik dan benar”, termasuk kalangan mahasiswa komunikasi/jurnalistik sebagai “text-book” matakuliah Bahasa Jurnalistik.

Buku ini terdiri dari 11 bagian, yakni (1) Pengertian Bahasa Jurnalistik; (2), Alasan Penggunaan; (3) Posisi Bahasa Jurnalistik; (4) Karakteristik Bahasa Jurnalistik; (5) Prinsip Penulisan; (6) EYD dalam Bahasa Jurnalistik; (7) Daftar Kata Baku-Tidak Baku; (8) Beberapa Penyimpangan dalam Bahasa Jurnalistik; (9) Editorial Policy & Style Book; (10) Gaya Bahasa Media Radio & TV; dan (11) Gaya Bahasa Media Online.

Ah, sebagai resensi versi penulis, saya kutipkan aja deh Kata Pengantar-nya ya, biar gak mikir lagi…. Ini dia:

”Enak dibaca dan mudah dimengerti. Demikian ciri utama tulisan yang baik dari segi bahasa (redaksional). Ciri itulah yang terus berusaha dipertahankan, bahkan ditingkatkan, oleh kalangan wartawan atau media massa saat menyajikan atau menyampaikan informasi kepada publik.

Media berupaya seoptimal mungkin agar publik (pembaca, pendengar, dan penonton) tidak perlu ”berpikir berat” untuk memahami atau mencerna sebuah informasi dalam sebuah berita, artikel, ataupun feature. Kalangan media sadar, pembaca butuh informasi cepat, akurat, dan mudah dimengerti. Di sisi lain, media sendiri memiliki keterbatasan ruang/halaman dan waktu/durasi guna menyampaikan informasi kepada audiensnya.

Demi terciptanya tulisan yang enak dibaca dan mudah dimengerti itulah muncul sebuah variasa bahasa atau gaya bahasa khas media, yakni bahasa jurnalistik. Per definisi, bahasa jurnalistik adalah gaya bahasa yang biasa digunakan oleh wartawan dalam menulis berita di medianya, dengan ciri utama hemat kata (economy of words), lugas, jelas, sederhana, logis, dan ringkas.

Istilah lain bagi bahasa jurnalistik adalah ”bahasa komunikasi massa” (languaga of mass communication), yakni bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi melalui media massa, dan ”bahasa koran” (newspaper language).

Sebenarnya kalangan non-media pun berkepentingan menguasa bahasa jurnalistik agar komunikasi tulisan mereka juga enak dan mudah dimengerti. Setidaknya, kalangan non-media dapat memaklumi berbagai ”penyimpangan bahasa” yang dilakukan kalangan media dalam sajian informasi mereka.

Buku ini disusun guna turut memberikan kontribusi bagi dunia jurnalistik dan kalangan non-media yang memerlukannya. Bahkan, buku ini diharapkan dapat menjadi bagian dari ”buku teks” (texbook) untuk mata kuliah bahasa jurnalistik di jurusan jurnalistik atau komunikasi.

”Embrio” materi buku ini adalah bahan perkuliahan bahasa jurnalistik di Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi Univeritas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (FDK UIN SGD) Bandung.

Dari studi literatur, penelusuran acana dan tulisan-tulisan tentang bahasa jurnalistik, serta diskusi di kelas dengan mahasiswa, ditambah pengalaman menulis dan mengedit selama ini, terkumpullah bahan-bahan ”lumayan lengkap” untuk disusun dan dibukukan. Selain itu, buku ini dapat dikatakan merupakan pengembangan dari bab khusus tentang bahasa jurnakistik dari buku saya sebelumnya, Jurnalistik Terapan:Panduan Kewartawanan dan Kepenulisan.

Saya harap, buku kecil ini dapat menjadi pedoman praktis bagi siapa pun dalam penggunaan gaya bahasa jurnalistik di media massa. Harapan terbesar, semoga buku ini menjadi amal ibadah bagi saya hingga menjadi bagian dari amal saleh. Amin!

Akhirulkalam, saya bukanlah ahli bahasa dan tidak memosisikan diri sebagai pakar bahasa. Karenanya, buku ini tidak dijamin bebas dari kesalahan, baik dari segi redaksional (penulisan) maupun substansial (isi). Karenanya pula, saya sangat mengharapkan saran atau kritik konstruktif bagi perbaikan buku ini.”

Nah, begitulah ”copy paste” Kata Pengantar buku ini. Minat? Harus atuh, ’kan bahasa itu senjata para wartawan dan penulis, termasuk para blogger juga lho! Harga buku ”cuma” Rp 18.500 rupiah + ongkos kirim kali ya kalo mau pesan via email.

Hubungi saja deh Baticpress di www.baticnews.com. Iya, benar, saya Ketua BATIC, tapi ’kan yang ngurus ”gituan” mah ada tim marketing khusus, tim administrasi dan pemasarannya, jadi… ya.. email aja ke baticnews@yahoo.com, baticnews@gmail.com, atau icmijabar@gmail.com. Alamat Baticpress ICMI Orwil Jabar, Jln. Cikutra 276-D Bandung Tlp. (022) 7206964. Jelas and lengkap ’kan? Wasalam. (www.romeltea.com).*

Advertisements

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s