Hati-Hati Menuliskan Wallahu A’lam


Penulisan dan pengertian wallahu a’lam. PENULIS artikel keagamaan (Islam) atau media Islam lazimnya mengakhiri tulisan dengan kalimat Wallahu a’lam (artinya: “Dan Allah lebih tahu atau Yang Mahatahu/Maha Mengetahui). Sering ditambah dengan bish-shawabi, menjadi Wallahu a’lam bish-shawabi. BACA SELENGKAPNYA

Advertisements

45 thoughts on “Hati-Hati Menuliskan Wallahu A’lam

  1. subhanallah trima kasih mas bero

  2. Jadi kalo ditambahin bish-shawabi. artinya jadi apaan mas?

  3. Allahu a’lam atau biasa menjadi Wallahu A’lam, adalah sebuah kalimat dalam bahasa Arab artinya ialah Allahlah yang Maha Mengetahui. Ucapan ini dipakai bila seseorang mengemukakan pendapatnya tentang sesuatu dan dengan mengatakan hal itu seolah-olah ia mengatakan bahwa ia tak luput dari kesalahan dan segala pengetahuan adalah milik Allah semata.

  4. Assalamualaikum WR WB mas….

  5. terima kasih mas. saya tambah ilmu melalui anda.

  6. termakasih.. atas informasinya, karena info ini sya bisa
    memperaiki cara penulisan sya yg salah..!!

  7. Syukron katsir gan atas artikelnya,kalau pendapat saya sebagai orang awam bahasa arab,sebenarnya ejaan bahasa indonesia dipake tanda baca apa aja sulit untuk serupa,bukan saja wallahu a’lam tapi ada yang lebih parah dan banyak lagi yang serupa, contoh: penulisan begini: الحمد لله dalam ejaan indonesia “alhamdulillahi” maksud artinya adalah “puji bagi Allah” tetapi jika makna yang benar dari alhamdulillah adalah “alhamdu” artinya: kebakaran dan “Lillahi” artinya bagi Allah jadi makna “alhamdulillah” maknanya Kebakaran bagi Allah, dengan begini bagaimana supaya benar, jawabnya tidak bakalan bisa, singkatnya KITA SEMUA ORANG ISLAM HARUS NGAJI…….tanpa ngaji kita akan jadi pembaca Al-qur’an yang akan mengacaukan maknanya, inti yang kedua, jika ada ketidak serasiaan antara bacaan Al-qur’an dengan ejaan indonesia dimaklumi saja, jangan disalahkan karena makharijul huruf Al-qur’an sama sekali beda dengan huruf-huruf Al-qur’an, Wallahu Musta’an………..

  8. assalamualaikum….
    ijin share…
    salam kenal

  9. Terimakasih atas penjelasannya.
    sangat bermanfaat

  10. thank’s gan,ijin gan

  11. thank’s infonya.gan,izin gan…

  12. asalamualaikum, mo nanya ni.

    kalo Wallahu a’lam bish-shawabi sendiri artinya apa ?

    .syukron 🙂

  13. Nice gan, izin gan

  14. syukran wa jazakumullahu khair

  15. Syukran, Jazakallah khair. tulisan Anda sangat bermanfaat dan korektif sekali. smoga bisa bermanfaat bagi yg lainnya jg.

  16. syukron tulisannya…
    sekalian mawu nanya nich….
    klo cara ketik bahasa arab yg d alh bahasakan ke dalam bahasa indo gmn???
    misal “amanah”, biasanya dalam penulisannya ada garis nya tuh d atas a sesudah huruf “m”
    cara ketiknya di word gmn
    mohon bantuannya…., low ada panduannya yg lengkap..
    heheheh

  17. thanks for sharing. alhamdulillah.

  18. benar sekali, Kawan…
    salah menulis berarti salah arti…..

    Terimakasih banyak..

  19. Pingback: ~Hati-Hati Menuliskan Wallahu A’lam~ « ~ li isti'naf al-hayah al-islamiyyah ~

  20. alhamdulillah…terima kasih infonya

  21. betul betul betul ; telah membetulkan kebiasaan salahku terima kasih

  22. betul betul betul ; telah membetulkan kebiasaan salahku

  23. Pingback: Mukadimah | The Amazing We Are…

  24. terima kasih banyak infonya….. mohon ijin share biar teman – teman semua juga mengetahuinya dan tidak salah menuliskannya……terima kasih

  25. wah terima kasih… hampir saya salah tulis

  26. Trima kasih, mas. Smoga amal ilmu yg baik ini mendpt balasan dri Allah SWT…..

  27. salam ta’ruf ustaz.. minta izin ingin mengambil penulisan ini utk dikongsi dgn kwn2 sy.. syukran jazilan..

  28. Makasih banyak mas ilmu dan koreksinya… semoga bisa memberikan manfaat sehingga penulisan dan arti yg kita maksudkan tidak salah lagi…

  29. wah, tambah satu ilmu.. makasih. saya juga lagi berusaha untuk menulis yang benar biar gak ada salah kaprah ato salah interpretasi dan persepsi

  30. wah.. mkasi y..
    sy baru tau nih.. ^^
    salam kenal..

  31. barokallahu fiik
    artikelnya cukup bagus,,,, tapi ana gak percaya kalo antum gak pinter bahasa arab,,,,heheheh salam kenal akh
    semoga ilmunya semakin bertambah dan bermanfaat

  32. thanx’s a lot.. aku ngak jadi salah nulis nya..

  33. many thanks…. and what’s the meaning of bish-shawabi? thanks…

    (*) ash-shawâb = benar/sesuai. Jadi, wallahu a’lam bish shawab/shawabi artinya = Hanya Allah yang Mahatahu kebenarannya/kesesuaiannya…

  34. Tanks bgt artikelnya. udah tambah 1 ilmu.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s