Jurnalistik Radio: Newsreading & Newswriting


romeltea1PANITIA “opspek” mahasiswa jurnalistik UIN SGD Bandung meminta saya menyampaikan materi tentang jurnalistik radio, Jumat (28/11). Tentu, waktu yang tersedia hanya sekitar 1-2 jam, sehingga tak mungkin cukup untuk menjelaskan semua hal tentang jurnalistik radio plus simulasinya. Lha wong dalam perkuliahan aja, sekitar 13-14 pertemuan @ 1,4 jam, kagak cukup!

Bahasan lengkap tentang jurnalistik radio udah saya tulis di buku Broadcast Journalism: Panduan Menjadi Penyiar, Reporter, dan Script (Nuansa, Bandung, 2003). Yang saya tulis di sini sekadar pengantar, an introduction, atau pengenalan dasar-dasarnya aja.

Eh iya, di blog ini udah ada tuh tulisan “Jurnalistik Radio: Produksi Berita”, baca gih, lumayan lengkap tuh –pengertian, karekteristik, elemen, teknis penulisan, de el el. Baca itu ya. Tapi tetep, saya tambahin deh nih, berupa tips yang saya sadur dari www.cgi.writersguild.force9.co.uk.

Tips1

1. Tidak seperti media cetak, koran misalnya, yang bisa “baca ulang” kalo gak ngerti, pendengar radio mah kagak bisa “ngulang denger”. Makanye, info atau berita radio mesti langsung jelas, mudah dipahami. “It has to be clear the first time, because there is no second chance,” kata cgi.writersguild.force9.co.uk. Kagak ada kesempatan kedua! Padahal ya, “Andai saja aku masih punya kesempatan kedua…” kata Tangga.

2. Tidak seperti TV yang ada gambar untuk dukung kata-kata, di radio kagak ada tuh gambar. Itu artinya, naskah siaran/berita mesti bisa ngegambarin semua hal. Naskah juga harus menarik perhatian pendengar.

3. Tak seperti Internet, berita radio tidak tersedia dan terarsipkan dalam jangka waktu lama banget. Kita hanya punya satu, dan hanya satu, kesempatan untuk menyampiakan info itu. “You have one, and only one, opportunity to make an impact!”

4. Radio is conversational. Radio itu obrolan. Jangan pernah sampaikan berita radio seperti orang yang sedang baca, terdengar kayak orasi ilmiah atau dosen baca buku teks di kelas yang pastinya bikin ngantuk. Sampaikan info dengan gaya ngobrol –bukan ngobral, tukang dagang kali ngobral…!

5. Radio is personal. Radio itu sifatnya pribadi. Kita, saat siaran, berbicara kepada satu orang pendengar. Itulah sebabnya naskah kita mesti “diceritakan”, bukan dibaca. “has to sound like it is “talked”, not read”.

6. Naskah radio mesti ketat, padat, tegas, lugas, dan di atas semua itu, menarik!

Tips2

1. Use everyday language, gunakan bahasa sehari-hari, kata-kata yang biasa dipakai dalam obrolan.

2. Write short sentences, tulis dalam kalimat pendek.

3. Use one idea to a sentence, satu ide untuk satu kalimat.

4. Use the present tense if possible, gunakan “masa sekarang”, hindari kata-kata “telah”, “sudah”, “akan”, dsb.

Tips3

Kalau kita sedang ngobrol dengan teman, sang teman bisa hentikan omongan kita untuk nanya yang gak ngerti. Tapi saat kita bicara di radio, apa pendengar bisa bilang gini: “Tunggu, penyiar, tadi apa…? Coba ulangi…”! Ya nggak lah…! Paling juga pendengar pindah gelombag kalo siaran kita memusingkannya.

1. Hati-hati jangan : “baca” terlalu cepat, “komat-kamit” (mumble) alias gak jelas pengucapannya (Sunda: ngagerenyem), monoton, tanpa nada kalimat (infleksi).

2. Beri tekanan pada kata-kata penting di tiap kalimat. Jika kita paham betul naskah yang kita sampaikan, sebenarnya kita akan secara otomatis menekankan kata-kata kunci. Maka, pahami dulu, baru sampaikan!

3. Sampaikan info dengan antusias, jangan terdengar malas, gak mood, apalagi kayak kagak ngarti sama info yang disampaikan. Bloon ih, gitu nanti kata pendengar.*

2 thoughts on “Jurnalistik Radio: Newsreading & Newswriting

  1. ass pak..
    ia pak waktu itu sempet bt juga ama bapak,ga bisa dateng di acara opab kami,,
    tapi yha mau gmana lagi,orang bapak’a sakit perut pan. .
    jadi aja anak2 nya ga excited lg,,
    td’a mreka dah dikasih tau kalo pematei yg bakal ngasih materi jurad tuh lucu bgt. . .tp’a ga jadi hiks, , ,
    pak,lpngokan atuh blog abdi. .
    hanyauntukpakromel.blogspot.com

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s