Pilwalkot 2008, Pilih Satu Pasangan Calon Independen!


SESUAI janji saya saat siaran tadi pagi (7/5) di acara Good Morning Bandung Raya (GMBR) Radio Shinta 97.2 FM Bandung, saya tuliskan usulan mengenai Konvensi Calon Independen Pilwalkot Bandung 2008 yang melibatkan semua elemen warga Bandung.

Konvensi ini guna memilih satu pasangan saja dari empat balon walikota independen yang ada. Tujuannya, agar dalam Pilwalkot Bandung nanti calon independen cuma satu vis a vis calon dari parpol (kemungkinan hanya incumbent Dada Rosada yang sudah diusung Golkar-Demokrat, PPP, PBB dll.).

Keempat balon walikota-wakil walikota independen jelang Pilwalkot Bandung 2008 yang sudah muncul adalah (1) Indra Perwira – Dedi Haryadi, (2) Hudaya Prawira – Nahadi, (3) Syinar Budhi Arta – Arry Akhmad Arman, dan (4) Farhat Abbas – Asep Dedi. Jika keempatnya maju, maka suara pendukung independen akan pecah dan Dada Rosada kemungkinan besar menang! Beda jika hanya ada dua calon yang muncul: independen versus incumbent! Hanya dua pasangan… Ayo, tarungkan hanya INDEPENDEN versus INCUMBENT/CALON PARPOL!

Sebaiknya, keempat balon independen ini bersatu saja, atau warga Bandung mengadakan konvensi calon independen untuk memilih satu pasangan, jika perlu kombinasikan dari nama-nama yang ada, untuk “diadukan” dengan calon dari parpol (kemungkinan Incumbent Dada Rosada). Saya yakin, calon independen ini menang! Coba saja….!

Teknik konvensi, bentuk panitia konvensi oleh ormas, okp, dan aktivis independen –tidak terkait dengan atau bukan underbouw parpol tertentu, plus sejumlah tokoh masyarakat Bandung, kalangan akademisi, dll. Keempat balon disosialisaiskan lalu dibuat polling SMS dengan tarif SMS normal (jangan jadi ajang bisnis!). Hasilnya, dipadukan dengan hasil pemilihan dan “uji kelayakan” oleh perwakilan delegasi ormas, okp, aktivis, mahasisa, akademisi, wartawan, penyiar, dll. dengan pemungutan suara yang transparan.

Jika perlu, lalukan “konvensi independen” ini melalui media televisi lokal Bandung dan radio, live, kaya acara “Indonesian Idol” gitu deh… Buat saja acaranya “Calon Walikota Idola”. Setuju? Lep, Aah…! (*)

Advertisements

2 thoughts on “Pilwalkot 2008, Pilih Satu Pasangan Calon Independen!

  1. Prakarsa Bung Romel atas “konvensi” calon independen, menurut saya langkah yang tepat dan punya visi ke depan. Artinya, memilih calon walikota “bukan sekedar asal baru”. Tetapi, harus memenuhi persyaratan untuk jadi pemimpin, dan terutama tentunya dikenal oleh masyarakatnya.
    Menurut saya, PILKADA Kota Bandung, janganlah dipandang sebagai “arena antara incumbent dan independent, ataupun antara independent dan parpol”. Jadikanlah Pilkada nanti sebagai upaya rintisan kita dalam menyaring seorang “pigur pemimpin”. Artinya, pemimpin mestinya “orang yang mau paling banyak capenya”, orang yang mau menjadi “pelayan” bagi orang yang dipinpinnya.
    Dalam pandangan saya yang menjadi “PR” bagi pemimpin Kota Bandung nanti adalah:
    1. Membangun konsep kota yang jelas, “mau jadi kota apa?”
    2.Membuka sebuah forum ataupun semacam “lembaga”, dimana warga Kota Bandung punya akses yang cepat dan akurat, untuk mengetahui “tentang Kota Bandung” dan memberikan “urun rembug”
    3.Walikota harus ada waktu “openhouse” bagi warganya, setidaknya 1x dalam sebulan
    4.Arah pembangunan kota “lebih berpijak pada aspek manusia”, bahwa kebudayaan harus dimobilisasi, demi tujuan pembangunan.
    5.Paradigma pembangunan:

    [pemerintahswasta]———>masyarakat

    menjadi:

    [pemerintahmasyarakat]————>swasta

    ……………………………………………………………………………….
    Disamping itu perlulah jadi upaya kita bersama untuk bisa membuat sebuah tata nilai yang dapat mendorong ke arah tujuan kita, yaitu adil dam makmur. Diantaranya:
    1. Kesanggupan untuk hidup sederhana
    2.Kemampuan untuk membatasi diri
    3.Kemampuan untuk menghormati dan menyegani “kemiskinan” orang lain.
    Ini hanyalah urun rembug semata.

  2. Good idea pak!

    (*) Hatur nuhun… O ya, rencananya Jumat depan Pak Indra Perwira talkshow di Radio Shinta 97,5 FM, jam 4-6 pm, datang aja sama Mang Ade biar rame…!

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s