Jurnalistik Radio


jurnalistik radioDEFINISI Jurnalistik Radio

Jurnalistik radio (radio journalism, broadcast journalism) adalah proses produksi berita dan penyebarluasannya melalui media radio siaran. Jurnalistik radio adalah “bercerita” (storytelling), yakni menceritakan atau menuturkan sebuah peristiwa atau masalah, dengan gaya percakapan (conversational).

KARAKTERISTIK Jurnalistik Radio:  Auditif, Spoken Language, Sekilas,  Global.

PRINSIP PENULISAN Naskah Jurnalistik Radio: Easy Listening Formula (ELF) , Keep It Simple and Short (KISS) , Write The Way You Talk ( WTYT ). Satu Kalimat Satu Nafas.

ELEMEN PEMBERITAAN: News Gathering, News Production, News Presentation, News Order

Elemen Jurnalistik Radio lainnya: Teknik penulisan dan pilihan kata dalam naskah jurnalistik radio, tanda baca khusus, Dash, Punctuation, Tanda Sengkang, Garis Miring, dll.

Produk Jurnalistik Radio: Copy , Voicer, Paket, Feature, Vox Pop.

NEWS PROGRAM: Program Berita Radio: Buletin, News Insert, Majalah Udara, Talkshow

Jurnalistik Radio SELENGKAPNYA 

 

15 thoughts on “Jurnalistik Radio

  1. Pingback: Siaran Musik dan Berita Sama? « ROMELTEA Ideas Center

  2. ini email saya “nurmalawidyana@yahoo.co.id

  3. askum…kebetulan sekali saya di radio UIN Yogyakarta sebagai news director,,,,salam kenal!kapan-kapan kami bisa study banding ke sana

  4. Kita UASx kapan pa???/

  5. Pa` romel siaran di radio mana ja???

  6. Assalamualaikum’
    Mas klo kuliah untuk diploma 1 jurusan teknik Jurnalistik ada gak..??
    trus klo Program study Diploma 1 tentang jurussan jurnalistik di medan- Sumatera ada yang tau gak namanya/dan tempatnya, krna klo ngambil yang S1
    takut kelamaan…., thanks

  7. Ass..Kang
    Trims artikelnya, pas lagi perlu info tentang ini. Ntar bukunya dibeli dech. Moga terus berkarya untuk dunia jurnalistik dan anak negeri biar semua pada pintar menulis pandai bicara atau setidaknya jadi pembaca yg arif pendengar yg bijaksana-sini.

    (*) Wa’alaikum salam… Roed GCA teg Griya Cempaka Arum…? Semoga info dan bukunya bermanfaat, Amin…

  8. MBAK MINTA KERPEAAN OBROLAN KETIKA AKAN SIARAN . AQ DA TUGAS SURUH BUAT OBROLAN SIARAN .PLEASE

  9. Ass. kang, artikelnya manfaat bangedd!!! by the way, aku tuh pengen banget masuk dunia jurnalistik n jadi penyiar radio, gimana kang aku harus memulai? apa aku harus kuliah dulu di bid. jurnalistik atau langsung terjun aja jdi penyiar? aku bingung mau mulai dari mana… punten diwaler, diantos pisan…

    (*) Wa’alaikum salam wr. wb. Alhamdulillah kalau bermanfaat, itu yang diharapkan. Jadi masuk dunia jurnalistik atau penyiar, gak mesti kuliah di jurusan jurnalistik & penyiar, jurusan apa saja ok, asal belajar keterampilan jurnalistik melalui kursus atau diklat. Untuk jurnalistik Anda bisa gabung dulu dengan Balai Jurnalistik ICMI Jabar (Batic), tlp 7206964; untuk jadi penyiar bisa gabung dulu dengan Shinta Broadacsting School (SBS), tlp. 7811777. Diantos. Good Luck…!

  10. kang kumaha caranya supaya tiasa nerbitkeun/nulis buku nu alus kene?

  11. kang hatur nuhun artikelna! janten,teu kedah meser bukunya???
    hehehe
    hapunten sa teu acanna

    (*) Eh… tetep kudu punya buku mah….!

  12. Assalam’mualaikum wr.wb salam kenal kang, saya Rahadio kebetulan saya mengelola radio swasta di kabupaten kepulauan mentawai, sumatra barat. Kebetulan di daerah saya baru ada 3 radio (radio saya, dan 2 radio komunitas) begini mas daerah saya ni kan terkenal dengan gempa dan ancaman tsunami. Nah sebagai media saya ingin mengemas informasi gempa dan siaga bencana tersebut dengan apik, memikat tapi tidak memberi kecemasan, tp saya g tau caranya. Kalo bisa ni kang, tolong dong kirimin cara membentuk jurnalistik radio yang ringan tp padat informasi, lengkap tp gak menggurui, okey kang, aku tunggu ya blsan emailnya..wassalam

    *) Wa’alaikum salam…. saya “agak pelit” kalo udah teknis banget begini nih. Gini aja deh, coba kemas info tadi dalam bentuk insert atau adlibs, baiknya ada dialog ringan/santai tapi serius, jangan lupa sentuhan “joke”. Gitu aja dulu ya… Good Luck!

  13. Pingback: PR Writing « Blog Pak Jaiz

  14. kang nyong wis buka situse sampean.

  15. Asslm.. mas bs minta tolong artikan dan definisikan siaran radio non berita itu apa??? ini penting karena saya sedang mengerjakan tugas akhir siaran radio non berita, dan saya belum menemukan artinya.. terima kasih asslm.

Tulis Komentar

