Berhenti Jadi PD Radio Antassalam FM


me on duty

Siaran di Radio Antassalam FM

ANGKA 13 ternyata punya makna khusus bagi saya, kebetulan “menyeramkan”. Tanggal 13 Juli 2007 ini, saya resmi berhenti sebagai Program Director Radio Antassalam FM Bandung. Ini perlu dipublikasikan mengingat banyak (mungkin kebanyakan) teman saya tahunya selama ini saya adalah ‘PD’ Antassalam.

Ceritanya panjang dan kompleks. Tapi intinya, Antassalam FM disewa oleh sebuah Event Organizer sebagai manajemen baru. Otomatis dong, ada manajemen baru, maka ada manajer baru, juga karyawan baru.

Tidak etis jika saya ceritakan di sini, betapa sangat subjektif, tidak objektif, tidak rasional, dan tidak etisnya proses penyewaan itu terjadi. Nanti disangka saya tidak legowo…. dong!

UPDATE!

Sesuai perkiraan –sewa itu tidak akan bertahan lama, sejak Desember 2008, EO itu memutus sewanya, he he.. emang mudah kelola radio? Alhasil, Antassalam kembali ke manajemen lama. Penyiar2nya juga yang lama2 mayoritas direkrut lagi. Saya juga? Tidak, mungkin karena saya udah keburu gabung dengan Radio Shinta, bahkan jadi “Pengarah” (Director) lembaga diklat penyiar radio Shinta Broadcasting School (SBS). Wilujeng “kembali ke khittah” Antassalam, setelah sekitar setahun agak “diacak-acak” format dan programnya.*

Abdi di dieu ayeuna: www.romeltea.com


21 thoughts on “Berhenti Jadi PD Radio Antassalam FM

  1. Posting tentang Radio Antassalam — Romeltea Magazine

  2. Kayaknya perlu ada konfirmasi dari dua pihak dan tidak ada omong dibelakang dan sebagainya, apalagi merefer nama seseorang, perlu disambungkan kepada yang bersangkutan mungkin tulisan dan perasaan anda?

  3. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un…, demi Allah ketika saya ‘membidani’ lahirnya Antassalam FM saya tidak menduga akan menuai intrik dan polemik di hari2 kemudian. Yang jelas, sampai saya keluar dari Antassalam (dengan kesadaran sendiri dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun) bulan Oktober 2004, tidak sedikit teman2 yang merasakan manfaat berinteraksi dan berkomunikasi selama berada di “ajang diklat” Antassalam meski secara finansial tidak memuaskan. Diantara mereka tercatat nama2 Billy Bramiana Salam (EO, Property & Facilities), Rini Wulansari (Metro TV), Fauziah W (Trans7), Almarhum Agung “Big Dicky” Firmansyah dan Denny Joe.

    Kalau kemudian Antassalam FM terkesan acak-acakan, sebagai orang yang ikut bertanggungjawab atas lahirnya Antassalam FM, saya perlu sampaikan tidak banyak yang mengerti konsep philosofi “How to be The Real Moslem Station”. Hal ini boleh jadi akibat mereka yag pernah mengelola radio itu terlalu menganggap sederhana tujuan Radio Philosophy atau bahkan bisa jadi mereka sama sekali tidak mengerti.

    Saran saya, sebaiknya tunjukkan dulu presrasi sebelum kita berkomentar banyak tentang segala sesuatu yang sesungguhnya belum kita kuasai secara utuh. Dan bagi temen2 yang punya semangat untuk memahami dunia radio, saya siapkan blog yang sangat-sangat sederhana. Adresnya; http://sabastiana.blogspot.com, semoga bermanfaat.

    Salam!

    (*) Wuah… lega rasanya dikunjungi “tuan guru”… Hatur nuhun Kang…. ana udah pindah rumah ka http://www.romeltea.com, blog ieu mah rek “dikontrakeun”, he he… Di mana ayeuna Kang…? Sono euy….! (Romeltea)

  4. Salam kenal kang Romel, punten sy mau nanya sdikit mengenai radio antaslam. kalo boleh tau sih, radio antasalam itu target atau segmentnya lbih kemana ya kang?
    nuhun…

    (*) Setahu saya, segmentasi pendengar Antassalam itu ALL SEGMENT, muda-dewasa, karenanya acaranya juga beragam, mulai musik pop Indonesia, Sunda, Nasyid, Dangdut, bahkan lagu Barat juga sekarang mah ada…

  5. oh, pantesan kang romel udah gak kedengaran lagi di antassalam. sekarang lagi bisnis apa kang ? ikutan donk! saya rasyid kang yang dulu pernah bareng kang romel di FORSMAT (Forum Silaturahmi Remaja Masjid Antapani). Ingat teu kang ?
    nuhun kang. ass.wr.wb

    (*) Ya, demikianlah adanya… Rasyid FORSMAT? ingat atuh. Iraha mau ngehidupkan Forsmat dan buletinnya lagi? Ayeuna mah ana siaran di Radio Shinta 97,2 FM Bandung, cuma tiap Ahad jam 3-6 pm, stay tuned!

  6. Ass. kang, damang? tgl 6 nov diundang gde? tapi teu pendak sm akang di gedung. Sy jg prnah brp kali ke PUSDAI tp ga jg ktmu akang. Anakku prnah bilang ktmu om Romel di PUSDAI waktu pulang sekolah. Eh kang, masih mau tolabul ilmi nich. Masih mau sodaqoh ilmu kan? sy udah mulai “kenalan” dengan nulis artikel, tp blom berani “tampil”. Pan kata akang dulu, sok we nulis apa aja dulu yang penting ada kemauan. Eh, masih tinggal di GBA?

  7. kang, damang,…
    punten teu acan tiasa gabung deui nya, margi sibuk yeuh sareng pun bojo di garut he………… he……………..

  8. Yang Terhormat
    Bpk. Romel
    di tempat

    Assalamualaikum, wr, wb,.
    Selamat siang, semoga bapak selalu diberi kekuatan dan lindungan dari Allah SWT.
    Perkenalakan, kami dari Badan Eksekutif Mahasiswa Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung (BEM POLBAN) berharap bapak menjadi narasumber pada,

    Nama Kegiatan : Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa (LKMM ).
    Waktu : 6 – 8 Maret 2008.
    Tempat :Balai Latihan Koperasi Lembang.
    Materi : Public Speaking.

    Kami mohonkan contact person bapak, untuk keberlangsungan dan suksesnya acara.
    Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr, wb,.

    CP : Rahdi T HP : 085624662668
    Anggi Hp : 085691023213

  9. Assalaamu ‘alaikum wr, wb.
    Kang Romel, kumaha damang? Sim kuring pun Ram-Ram Muhammad tea, waktu kang Romel telepon saya lagi dirawat di RS. Saya kebetulan lewat ke Antassalam terus ngobrol-ngobrol, terus dapat indormasi kang Romel gak lagi di Antassalam. Denger-denger ada bisnis baru yah? di mana? Wilujeng deh. Saya gak bisa komentar apa-apa soal perkembangan ini, soalnya sudah bukan warga Antassalam lagi. Sebagai alumni dan pernah dididik baik sama kang Romel maupun kang Deni dari tahun 1999-2004, saya mau ucapin terima kasih sebessar-besarnya. Saya juga udah dari januari 2007 gak lagi siaran di Radio, sedang pemulihan segala-galanya. Mohon doanya yang kang romel. Kalau ada kabar apa-apa, HP saya di : 02291163923. E-mail: ramram-muhammad@yahoo.com

  10. kang, kebeneran saya praktisi radio juga yang saat ini benci dengan perkembangan radio di tanah kita. cerita seperti akang sering saya temui, dan itulah kenapa bekerja di radio itu tidak “aman”. yahhh…mungkin niat dan kepedulian owner yang bisa jadi salah satu permasalahan itu. saya sedang bekerja di salah satu radio terbesar di jakarta pun demikian. manajemennya seenaknya si owner. walaupun gajinya berlipat-lipat ganda di banding waktu saya di bandung, tapi sulit membentuk manajemen yang yahhhh layaknya dunia kerja profesional seperti adanya punishment dan reward. apa lagi peristiwa akang ini sudah keterlaluan menurut saya, melupakan jasa-jasa tim sebelumnya dan pertimbangan apakah itu saya tidak tahu. Tenang aja kang, mari wait and see sepak terjang satoe komunika itu bermain di bandung yang notabene “ganas” kompetisinya. yahhh paling2 mereka jadikan tempat tampung iklan dan kegiatan dari agency mereka saja. tapi lihat kang, bagaiman mereka main tergantung dari siapa pemain dna bagaimana mereka melakukan pemainnya. bravo radio-radio di bandung…..tapi sayang perlakuan owner dan banting-bantingan harga iklan, membuat agency menginjak2 kita semua dan buntutnya resah dengan kesejahteraan bagi kita semua orang radio.

  11. Assalamu’alaikum wr.wb.
    saya warga antapani yang ada di kairo, kang mau tau nih .. klo website atau e-mail nya antassalam apa yah ? mungkin bisa di beri tahukan.. karena saya ingin sekali mendengar atau paling tidak mengetahui bagai mana antassalam sekarang .. dan saya turut prihatin atas yang terjadi di antasalam ..mungkin itu saja dari saya .. ditunggu balesannya
    wassalamu’alaikum wr.wb

  12. Alhamdulillah…. Subhanallah….
    Syukran pisan, Kang! berarti saya memang menemukan weblog yang sangat amat tepat. Allah menolong saya dengan mempertemukan saya dengan weblog ini dan akang juga tentunya. Jadi begini ceeritanya, Kang… saya teh lagi nyusun skripsi tentang register para penyiar radio di Bandung, ada lima stasuin radio yang saya jadikan subjek penelitian, Antassalam salah satunya, karena seperti yang Akang bilang, saya juga berpikir bahwa Antassalam adalah salah satu radio yang paling banyak pendengarnya di Bandung, makanya kaget pas mau ngerekam acaranya, kok gak ada yang siaran, cuma lagu ma iklan aja. Saya sampaiberhari-hari dengerin Antassalam, tapi da tetep aja gak ada yang siaran. saya juga sempet kepikiran sih, pasti ada ‘sesuatu’ yang terjadi di Antassalam dan ternyata emang bener. Wah, sayang banget ya… Saya turut prihatin banget dengan yang terjadi di “tubuh” Antassalam sekarang… Tapi yakin ajam Kang! Pasti Allah punya rencana lain yanglebih baik dibalik apa yang akang- dan the announcers of Antassalam lain alami, insya Allah ada hikmahnya. En intinya, saya mau minta tolong dikirim beberapa script acara (kalo bisa yang di primetime) plus company profile Antassalam FM (yang sebelum di-reshufle atau apalah namanya, tentunya…) untuk data di skripsi saya. akang bisa kirim ke email saya di alyafadhiyah_yassafhiina@yahoo.com. Afwan ya kang Rom, jadi banyak ngerepotin gini… syukran jiddan untuk bantuannya. Allah saja yang akan membalas semua hal yang sudah Kang Rom lakukan untuk saya… Wassalam.

  13. TO: Jalmi Sulit Nyarios (Enno): No, Kang Deni tuh termasuk jalmi sulit nyarios nya, emangnya crew Satkom semuanya sulit nyarios nya….? he he… apa susahnya nyarios sama saya, atau kepada crew lama yang sangat loyal ke Antassalam (meski dalam 2-3 tahun terakhir honor selalu telat 2-3 bulan…!), kayak ke orang lain aja.
    Atau mungkin saya punya dosa apa ya sama Satkom atau Kang Deni… bingun euy… padahal yang dulu recommend saya jadi PD Antassalam ‘kan kang deni, sekarang doi balik lagi ke Antassalam, mangga, saya oge moal nanaon, da teu butuh-butuh amat jadi PD teh, kecuali doi MALU… balik lagi ni ye….! (he he… ngambek ceritanya nih…).
    No, pesan saya buat Satoe Komunika, kalo ada orang yang merasa dianiaya (dizhalimi), maka doa orang tersebut maqbul, hati-hati ah, jangan silau dengan gelimang harta Mr Smith… Maaf jika agak erosi… eh, emosi…!
    Anyway, thanks for appreciation. This weblog shows and tells the world WHO I AM…! (Astagfirullah, sombong ya No…). God Luck for Enno, I know you, tapi kalo ganti no HP bilang-bilang dong…. No hp saya masih yang lama, tetap bertahan dari thn 2000, gak ganti-ganti…. cirining banyak relasi kata orang mah… he he…*

    To: Yashaffina. Semua “rahasia” Antassalam FM ada pada saya. Jadi, insya Allah saya bisa bantu. Prestasi tertinggi saya kekiya menjadi PD ANtassalam adalah membawa Antassalam rangking dua radio terbanyak pendengarnya di Bandung (487.000 pendengar/ACNielsen 2005), dan mempertahankan rangking Antassalam tidak keluar dari 7 besar top radio di bandung, meski dengan kondisi perusahaan yang sebetulnya sangat-sangat rapuh dan pailit. Tapi saya dkk. bertahan, demi hobi dan dakwah, namun reward-nya adalah PHK dari Satoe Komunika (manajemen baru). Allah Mahatahu apa yang kita lakukan. Hikmahnya: JANGAN PERNAH BERHARAP BALASAN DARI ORANG, HANYA KEPADA ALLAH KITA BERTAWAKAL DAN BERHARAP, KARENA MANUSIA ITU ANIAYA DAN BODOH. Eh, jadi ngelantur….!

  14. Assalamualaikum…
    Wah, jadi Antassalam dah gak ada lagi atau gimana??? padahal saya sedang skripsi tentang register para penyiar radio di Bandung, dan Antasalam adalah salah satu dari 5 radio yang jadi subjek penelitian saya lho. pantesan waktu saya mau ngerekam siaran Antassalam, gak ada penyiarnya cuma lagu ma iklan aja. Aduh, gimana dong, dah terlanjur nih, kalo nyari radio lain, mepet banget. Akang bisa bantu saya? punya beberapa script siaran acara-acara di Antassalam gak? buat data di skripsi saya. syukran sebelumnya, afwan merepotkan. ditunggu balasannya,,,

  15. Friday the 13th, hmm…….
    Saya masih inget dengan kalimat diatas seperti yang disebutkan kang Romel Tea “Menyeramkan” itu adalah sebuah judul felem horor yang aku senengin ketika aku masih duduk dibangku SD.
    Tidak dipungkiri juga setiap aku masuk kehotel atau bangunan bertingkat, angka 13 memang selalu ditiadakan.
    Hmm….. ada apa dengan angka 13?
    Albert Einstein berkata “Ketika matematika mampu berbicara entah apa yang terjadi pada alam semesta ini” heu heu… teu nyambung.

    Beralih ke Antassalam,
    Jum’at malam… tanpa tujuan apapun dan tanpa kesengajaan aku mendengarkan Antassalam FM. Saat itu jam 10 malam dan kudengar kang Purwa sedang pamit2an sama pendengarnya… Aku sedih dan bingung.

    Aku berfikir… berfikir atau berpikir ya??
    Pada kenyataannya, mungkin manager Sumber Daya Manusia dari manajemen baru kurang memahami aspek-aspek yang mendasari keputusannya untuk…??? emhh… mem-PHK yah, atau bisa jadi sebaliknya!!. Garis bawahi (aku nggak ngerti pilitik).
    Akibat dari ketidaktahuan ini maka timbul kesenjangan antara pihak ter-PHK dengan pihak managemen baru.

    Bukan tidak mungkin jika karyawan lama beranggapan bahwa manajemen baru adalah sebuah monster pemusnah yang siap menerkam kapan saja.
    Namun manajemen baru sendiri mungkin telah menilai sejauh mana tingkat komitmen organisasi dari karyawan tersebut, mungkin juga ada kaitannya dengan urusan pribadi atau mungkin hal2 lainnya… au ah gelap!!

    Terus terang Kang… saya merasa malu ama crew antassalam lama dan sangat sangat menyayangkan kalau reshufle ini mengharuskan sebagian crew musti rela berpamitan dengan listenernya, padahal biaya perekrutan kan lumayan tinggi juga.
    Kenapa tidak manajemennya aja yang dikelola yah kang? tanpa harus mengorbankan announcer yang udah banyak listenernya.

    …..!!! Reshufle heu heu… kaya kabinet SBY aja.

    Tapi yang jelas aku bekerja disini hanyalan sebagai Kuli semata yang tidak ingin berada di Top Manajerial namun mengharapkan gaji manajer.. wuaaahhh!

    Aku doakan semoga Kang Romel dan kawan-kawan lekas mendapat wadah baru yang lebih baik untuk mengembangkan dan menyalurkan kemampuan terbaiknya demi kebaikan bersama.

    Bravo Kang Romel
    Nb : Salut dengan tulisan Kang Romel (banyak bangeeeddd!)

  16. Hehe… hatur nuhun, ini juga lagi pertimbangkan beberapa tawaran dari radio lain, sambil istirahat dulu sekalian mempersiapkan Semai Broadcast (www.SemaiBroadcast.co.nr). Piduana we nya, Brother! Thx.

Tulis Komentar

