General

Melihat Catatan Amal di Internet


SEORANG kawan lama menelepon. Katanya, ia selalu mencari kabar tentang saya dan mengikuti perkembangan saya via internet. Sebagai contoh, begitu buku baru saya terbit, ia langsung tahu, apalagi ia bekerja di bidang perustakaan sebuah penerbitan ternama di Bandung.

Kawan saya bilang, alhamdulillah, tidak ada catatan peristiwa atau data di internet tentang diri saya yang buruk. Semuanya baik, misalnya soal saya menulis buku baru, menulis artikel baru, menjadi dosen dan instruktur pelatihan di mana, dan sebagainya.

Saya terkesan dengan ucapannya. “Bener nya Mel, internet mah kaya catatan amal kita. Kalo kita banyak amal, amal baik ataupun amal buruk, tercatat di internet,” ujarnya. “Jadi, kalo kita ingin melihat sejauhmana amal kita, juga popularitas kita, tinggal cari nama kita di search engine, google misalnya, langsung keluar semua berita atau data yang menyangkut nama kita.”

Kawan saya benar. Catatan amal kita di akhirat nanti, “prolog”-nya bisa dilihat di internet. Saya juga sering mencari data tentang saya di google, dengan menuliskan nama saya dengan berbagai versi: romel, kang romel, romeltea, asm. romli, dan lengkapnya asep syamsul m. romli. Maka, tampillah berita, data, atau catatan peristiwa yang berkaitan dengan saya, baik sebagai pelaku utama maupun “figuran”.

Umumnya, ketika saya cari data tentang diri saya di internet, yang muncul mayoritas soal buku saya, makalah atau artikel yang saya tulis, dan kegiatan saya sebagai pembicara atau instruktur pelatihan komunikasi praktis. Anda bisa lihat sendiri dengan menuliskan nama saya di google.com/google.co.id : romel, kang romel, romeltea, asm. romli, dan lengkapnya asep syamsul m. romli.

Rasa bangga tentu ada, apalagi tidak ada data yang buruk tentang diri saya di internet, misalnya “terpidana…” (ih, a’udzubillah….!). Data buruk tentang saya tentu banyak, minimal ada di tangan Malaikat Atid Sang Pencatat Amal buruk kita, atau teman-teman terdekat yang tahu rahasia kita, atau korban keburukan yang kita lakukan.

Nah, Anda yang ingin mencari “catatan amal” selama di dunia ini, coba ketik nama Anda di Google atau Yahoo, lalu akan tampil data tentang diri Anda. Jika tidak ada, mmmmmhh…. mungkin amal Anda masih sedikit, oh.. enggak, kurang publikasi aja kale ya…..!!!

Saya bangga jika melihat data tentang diri saya di internet. Buku, artikel, dan kegiatan saya tercatat (terdokumentasi) di dunia maya sehingga seluruh dunia bisa tahu. Saya sering terheran-heran campur bangga, artikel saya tersebar di berbagai situs dan milis. Padahal, misalnya saya awalnya nulis di Republika atau Pikiran Rakyat, tapi lantas dikutip oleh banyak user web untuk dimuat di milis atau situsnya. Alhamdulillah, dakwah saya tersebar tuh….

Ada juga yang menjengkelkan. Ketika saya lihat ada artikel mengenai “Demonologi Islam” di swaramuslim.net. Penulisnya bisa Anda lihat sendiri, seorang doktor, tapi isi tulisannya copy paste abis buku saya, “Demonologi Islam” terbitan Gema Insani Jakarta (2000). Sang doktor tidak mencantumkan sumber tulisannya, padahal kode etik menulis ‘kan harus menyebutkan sumber. Ini tidak sama sekali, seolah-olah seluruh isi tulisan itu ia yang bikin. Tapi saya ambil sisi positif, tidak juga menggungat, bahwa pemikiran saya, buku saya, diakui oleh banyak orang, termasuk sang doktor tadi. Lagi pula, dakwah saya tersebar jadinya ‘kan…?

Semoga saya, Anda juga, hanya memiliki catatan amal yang baik-baik saja, baik di internet maupun (terutama) di akhirat kelak. Amin!
(ASM. Romli/Romeltea).*

Tulis Komentar

