My New Book! Coming Soon…


Broadcast for Teen
JADI PENYIAR ITU ASYIK LHO!

INSYA Allah, buku baru saya segera terbit. Kali ini khusus untuk remaja. Judulnya: “Broadcast for Teen – JADI PENYIAR ITU ASYIK LHO!”. Dimaksudkan sebagai pembuka jalan bagi kaula muda yang berminat menjadi penyiar radio. Buku ini praktis banget, bisa juga dijadikan “text book” diklat-diklat penyiar radio.

Berikut ini saya sajikan “bocoran” buku tersebut, bagian pendahuluan aja:

PERNAH ‘gak kamu ngerasa kesepian banget, berada di kamar sendirian? Tidak ada teman yang berkunjung atau kamu lagi ogah keluar, kunjungi teman kamu. Lagi pula, udah malam. Mau tidur, belum ngantuk. Kamu nunggu pagi hari tiba. Mau nonton tivi, nggak ada acara yang rame. Sinetron remaja gitu-gitu aja. Film Hollywood yang diputar juga ternyata siaran ulang, kamu udah nonton, bosan!

Dalam situasi seperti itu, coba deh kamu setel radio. Pilih stasiun radio kesukaanmu, atau acak juga boleh, begitu nemu lagu-lagu kesukaanmu, panteng tuh, stay tune! Nah, jamin deh, kamu tidak akan merasa kesepian, apalagi kalo kamu ikut nimbrung, nge-request lagu favorit dan kirim-kirim salam ke temen-temen kamu, atau kepada sesama pendengar.

Apalagi kalo kamu requestnya langsung, on air, tidak melalui SMS. Ah… pasti kamu tidak merasa kesepian lagi. Merasakan ada teman, ya.. penyiar itu dan opp (operator) dan pendengar lain. Seru ’kan jadinya? Di kamarmu terasa ada orang yang nenemin kamu, rame, apalagi kalo penyiarnya ’bodor’ alias kocak.

Dari satu contoh di atas saja kamu sudah ngerti maksudnya. Bahwa radio bisa menjadi teman, sahabat, sumber hiburan untuk ngilangin ke-BT-an kamu, atau bahkan tempat ‘curhat’ kamu. Orang bilang, ”curhat” bisa mengurangi ”beban derita yang mendera jiwa” (wah, dalem banget ya….!).

Ujung tombak radio, yang berkomunikasi dengan kamu, ya penyiar itu. Jadi, penyiar (announcer) adalah ujung tombak stasiun radio yang langsung menemui pendengarnya di udara.

Kamu juga suka penasaran ‘kan sama penyiar? Suaranya asyik, bagus, siarannya lucu, kocak banget, dan heboh! Belum lagi dia pinter milih lagu kesukaan pendengarnya. Tambah kayaknya pinter banget ni penyiar, banyak tahu dan tahu banyak hal. Duh, jadi penasaran, gimana sih orangnya? Gitu ‘kan?

Mulai kebayang deh asyiknya jadi penyair. Banyak temen, kenalan, bahkan fans. Leluasa bicara, melucu, mengekspresikan perasaan, bahkan unjuk keluasan wawasan sehingga pendengar dibuatnya kagum.

Masih ada lagi, jadi penyiar bisa bantu orang, misalnya mengumumkan yang kehilangan dompet, mendoakan yang kena musibah, menggalang dana, jadi teman curhat pendengar -meskipun tidak kenal dekat dengan dia, dan sebagainya. Wah, ibadah tuh, amal.. amal… buat ngimbangin dosa!

Ingin ‘kan kamu mengenal lebih jauh dunia radio, sehingga paham betul seluk-beluk dunia radio, dan kamu pun jadi lebih enjoy dan apresiatif saat dengerin radio?

Trus… Bagaimana sih caranya jadi penyiar? Teknik siarannya gimana aja, lalu bagaimana sebenarnya kerja di radio, dan apa radio itu sendiri? Buku ini, insya Allah, membantu kamu menemukan jawabannya.

Tertarik jadi penyiar? Buku ini juga membuka jalan bagi kamu untuk menekuni profesi penyiar. Setidaknya, dengan baca buku ini, mudah-mudahan kamu makin kenal banget dengan radio yang sehari-hari kita setel dan dengarkan siarannya.

Ok deh, tidak berpanjang-panjang, basa-basi pendahuluan buku ini sampai di sini aja, kita lanjutkan ke bab berikutnya. Siap? Eit, tunggu, benerin dulu posisi duduk kamu, siapin pulpen dan kertas buat nyatet, kali aja yang ingin kamu catet buat diingat atau diceritain ke temen-teman, atau bahkan buat kasih masukan dan kritik bagi perbaikan buku ini, ditunggu lho! Trus… jangan baca sambil tiduran dong, ngrusak mata kata dokter juga! Oke? Thanks ya, udah mau baca buku ini. Der ah…..! (ASM. Romli/Romeltea).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s